Breaking News

Kadisdik M. Solihin Buka Festival Tunas Bahasa Ibu Tingkat Kabupaten Sukabumi

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sukabumi Muammad Solihin ( Foto-istimewa)

FOKUSMEDIANEWS.COM, KAB. SUKABUMI – Kepala Dinas pendidikan Kabupaten Sukabumi, Mohammad Solihin membuka Festival Tunas Bahasa Ibu (FTBI) jenjang SD tingkat Kabupaten Sukabumi, Selasa (18/10/2022), Di SD Model Cikembang Kecamatan Cikembar Kabupaten Sukabumi.

Muhammad Solihin mengungkapkan, Festival Tunas Bahasa Ibu merupakan media Apresiasi kepada para peserta revitalisasi bahasa daerah. Diharapkan bisa memacu para peserta didik dalam mencintai buda sunda yang merupakan bahasa indung.

Baca Juga :   Peluncuran Aplikasi SOHIB, Dukung Peningkatan Pelayanan Publik

Event ini dilaksanakan secara berjenjang dari sekolah ketingkat Kecamatan, Kabupaten/Kota hingga Provinsi. Adapun tema FTBI tahun ini yaitu “Miara Basa Sunda Mekarkeun Budaya na”.

Solihin menuturkan ada tujuh cabang lomba dalam Festival Tunas Bahasa Ibu diantaranya, Ngadongeng, Biantara, Maca Sajak, Nembang Pupuh, maca jeng nulis aksara sunda, ngarang carita pondok, ngabodor Sorangan (Borangan).

Baca Juga :   Indonesia dan Belanda Sepakat Perangi Kejahatan Transnasional

“Insya Allah pada gelaran ini akan melahirkan para pinunjul (para juara), sebagai wakili Kabupaten Sukabumi pada tingkat Provinsi Jawa Barat. Rencananya untuk tingkat Jabar akan digelar tanggal 22 November tahun 2022,” Ujar Solihin.

Dengan adanya FTBI ini, lanjut M. Solihin, pertama ada bahasa, seni dan ada budaya sunda yang harus kita lestarikan bersama. Kedua, pihaknya berusaha mengeksplor talen dan prestasi serta potensi anak di jenjang SD di Kabupaten Sukabumi, guna bisa bersaing dengan peserta didik dari daerah lain ditingkat provinsi Jabar.

Baca Juga :   Kota Bogor Jadi Tuan Rumah Festival Tunas Bahasa Ibu Tahun 2024

Dengan adanya kegiatan ini, M. Solihin ber” jelasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *