Breaking News

HPN Jabar 2023 di Karawang, Jelajahi Destinasi Wisata Puncak Sempur

Destinasi Wisata Puncak Sempur Kabupaten Karawang

FOKUSMEDIANEWS.COM, KARAWANG – Penutupan HPN Tingkat Jawa Barat Tahun 2023, dilaksanakan di Puncak Sempur Kabupaten Karawang. Seluruh peserta mengunjungi obyek wisata alam Puncak Sempur di Kabupaten Karawang itu, dengan di pandu patwal dari Polres Karawang. Bagi peserta disediakan angkutan berupa kendaraan HiAce Travel, maupun menggunakan kendaraan pribadi.

Puncak Sempur adalah salah satu destinasi wisata alam yang banyak diminati para pengunjung di hari libur. Lokasinya berada diluar Kota Karawang. Karawang yang terkenal sebagai pusat industri, saat ini sudah memiliki destinasi Wanawisata. Jarak tempuh dari pusat kota sekitar 40 Kilometer dan bisa dijangkau kendaraan sekitar satu setengah jam.

Sepertinya potensi lokasi wisata ini, bagi Kabupaten Karawang relatif baru. Perjalanan menuju ke beberapa titik lokasi wisata masih bersatu dengan kepentingan masyarakat umum. Jalan utama ke kawasan Puncak Sempur terdapat penyempitan. Jika mobil berpapasan harus memperlambat laju kendaraan. Jalan itu idealnya dilalui dengan leluasa, bila digunakan satu arah.

Baca Juga :   Bey Machmudin Ucapkan Belasungkawa atas Berpulangnya Solihin GP 

Bagi PWI Jabar sangat tepat memberi judul Jelajah Wisata. Pasalnya, jalan menuju beberapa titik wisata, memiliki tanjakan extrim, dengan tingkat kecuraman hingga kemiringan 75 sampai 85 derajat. Jangan sekali-kali nekat membawa kendaraan dengan CC yang kecil. Mungkin tidak akan pernah bisa mencapai titik lokasi. Yang ada hanya mendengar cerita ‘Katanya’.

Bupati Karawang dr. Cellica Nurrachadiana punya mimpi besar, memajukan wilayahnya. Selain sebagai kawasan industri terbesar, Kabupaten Karawang pun memiliki daerah tujuan pariwisata andalan yaitu Puncak Sempur.

Peserta HPN Jabar yang terdiri dari pengurus PWI se-Jawa Barat, Ikatan Keluarga Wartawan Indonesia (IKWI) se-Jawa Barat, serta sebagian petinggi PWI Pusat, sangat menikmati wisata ini. Sesampainya di lokasi, sudah tersedia makan siang dengan menu masakan khas sunda. Tidak hanya itu, sambil menikmati makan siang, pengunjung pun bisa menikmati suasana dengan alunan lagu dari band entertain. Tidak henti-hentinya para musisi lokal itu membawakan lagu-lagu pop masa kini maupun tembang lawas.

Baca Juga :   Karawang Jadi Tuan Rumah HPN 2023, Ketua PWI Jabar dan Bupati Lakukan Rapat Koordinasi
Salah satu sudut keindahan objek wisata Puncak Sempur Kabupaten Karawang

Terbawa suasana, peserta yang masih menikmati sajian makan siang itu mulai terpancing untuk turut bernyanyi. Tak heran bila beberapa peserta utusan PWI Kabupaten Kota itu, turut bernyanyi bersama personel Band. Cukup menyenangkan, di lokasi yang pernah dinobatkan menjadi Nominasi Anugrah Pesona Indonesia dengan kategori dataran tertinggi dan terpopuler di Karawang. Memang betul Obyek wisata ini berada diatas ketinggian 620 mdpl.

Usai makan siang bersama, puluhan doorprize dibagikan kepada peserta. Dari mulai bentuk souvenir kecil hingga sepeda motor. Semua perjalanan yang sulit dan melelahkan terbayar sudah dengan panorama keindahan alam puncak yang begitu memukau. Pengunjung lokasi wisata bisa menghirup udara segar dan bersih yang berasal dari pepohonan dan perbukitan hijau sekitar.
Jika malam hari tiba, pengunjung dapat menikmati Citylight Kota Karawang yang luar biasa mempesona. Tentunya dengan ketakjuban ini, sudah bisa dipastikan kunjungan ke lokasi wisata ini tak sia-sia dan ingin kembali berkunjung.

Baca Juga :   Rayakan Hari Pers Nasional dan HUT PWI ke-77, Ini Pesan Bima Arya
Ketua PWI Kab Sukabumi Avhes Solihin dn Anom Nurzain sebagai peserta HPN Jabar 2023 turut menikmati nuansa indah destinasi wisata Puncak Sempur di Kabupaten Karawang. (Foto : Budi Darmawan)

Kendati sangat mempesona indahnya Puncak Sempur Karawang ini, namun masih perlu penataan kawasan khusus pariwisata. Diantaranya, fasilitas-fasilitas pendukung wisata, memperlebar jalan yang saat ini masih sangat sempit. Sedangkan fasilitas penunjang yang telah tersedia di lokasi wisata diantaranya : Camping Area, Warung Wisata, Toilet, Warung Kopi, Spot foto Instagramable.

Selain keindahan Puncak Sempur, masih ada lokasi Curug Cigentis (Air Terjun) dan Curug Bandung. Namun untuk menuju  loaksi air terjun harus di tempuh dengan menggunakan kendaraan yang sesuai. Bagi pengunjung yang ingin melanjutkan menjelajah Air Terjun, telah disediakan kendaraan khusus. Kendaraan itu bisa digunakan di berbagai medan dan sudah dimiliki oleh pengelola Puncak Sempur. Umumnya masyarakat sudah begitu populer menggunakan kendaraan roda empat, motor ATP (All Terrain Vehcle).

Penulis : Avhes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *