Breaking News

Gantikan Ridwan Kamil, Bey Triadi Machmudin Penjabat Gubernur Jawa Barat

Penjabat Gubernur Jawa Barat Bey Machmudin usai dilantik Menteri Dalam Negeri. (Foto : jabarprov.go.id)

FOKUSMEDIANEWS.COM, BANDUNG – Mantan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dan Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Barat Bey Triadi Machmudin melaksanakan Serah Terima Jabatan (sertijab) sekaligus Pisah Sambut di Gedung Sate, Bandung, Selasa (5/9/2023) sore. Pada acara tersebut diantaranya dilakukan penandatanganan berita acara, dihadiri pejabat unsur Forkompinda Jabar dan undangan lain.

Seusai melakukan penandatanganan sertijab, Ridwan Kamil menyerahkan sebuah kujang pusaka yang jadi simbol pemimpin Jawa Barat kepada Bey Machmudin, di Lapangan Gasibu, dengan latar belakang Gedung Sate.

Baca Juga :   Solusi Teknologi Berbasis TKDN, Dukung Good Governance dan Akuntabilitas

Sebelumnya dihari yang sama, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian melantik Bey Penjabat sebagai Gubernur Jawa Barat di kantor Kemendagri, Jakarta Pusat, Selasa (5/9/2023) pagi.

Pelantikan Bey Machmudin sebagai Penjabat Gubernur Jabar berdasarkan Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 74/P tentang Pengangkatan Penjabat (Pj) Gubernur.  Dalam Keppres tersebut dijelaskan bahwa Penjabat akan bertugas sebagai Gubernur paling lama satu tahun terhitung sejak pelantikan pada 5 September 2023.

Bey mengungkapkan, pelantikan Penjabat Gubernur yaitu untuk mengisi kekosongan jabatan kepala daerah sampai waktu pelaksanaan Pikada Serentak dilakukan pada 2024.

Baca Juga :   Ridwan Kamil Lepas Kirab Merah Putih di Kota Bogor

“Intinya saya tuh penjabat gubernur, jadi kenapa ada penjabat? Untuk mengisi kekosongan hingga nanti terpilihnya gubernur dan wagub pada Pilkada Serentak,” ungkap Bey seusai pelantikan, sebagaimana dilansir dari jabarprov.go.id

Kang Emil Gubernur ke-14

Dr. (H.C.) H. Mochamad Ridwan Kamil, S.T., M.U.D. diekanal dengan sapaan akrab Kang Emil,  adalah pria kelahir 4 Oktober 1971. Kang Emil merupakan Gubernur Jawa Barat yang ke-14, berpasangan dengan wakil Gubernur Uu Ruzhanul Ulum dan bertugas sejak 5 September 2018 dan .

Baca Juga :   Promosikan BIJB, Pemprov Jabar Gelar Gala Dinner Kertajati Familiarization Trip

Dalam karirnya sebagai pejabat negara, suami Atalia Praratya ini pernah menduduki jabatan Wali Kota bandung untuk masa bakti 2013–2018. Setelah memenangkan kontestasi pilkada di Jawa Barat bersama Uu Ruzhanul Ulum menduduki jabatan Guberbur Jawa Barat periode 2028-2023.

Kini 5 tahun telah berlalu, pada tanggal 5 Sptember 2023 Ridwan  Kamil telah menyerahkan tongkat kepemimpinan Pemerintahan Jawa Barat Kepada Penjabat (Pj) Gubernur Bey Triadi Machmudin. (red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *