Breaking News

FTBI Tingakat Kabupaten Sukabumi Usai Digelar, Siswa SMP Negeri Cicantayan Sabet Juara 1 Lomba Nembang Pupuh

Rafi Zain Ramdhan Siswa SMP Negeri Cicantayan (SMP Necan) Juara Pertama Lomba tembang Pupuh pada ajang Festival Tunas Bahasa Ibu (FTBI) Tingkat Kabupaten Sukabumi. (Foto : Istimewa)

FOKUSMEDIANEWS.COM, KAB. SUKABUMI – Rafi Zain Ramdhan (14) Siswa SMP Negeri Cicanyatan berhasil meraih Jura 1 Lomba Nembang Pupuh tingkat SMP pada ajang Festival Tunas Bahasa Ibu (FTBI) yang digelar hari Senin (23/10/2023) di Aula Serbaguna Lingkungan Sekolah Model, Kecamatan Cikembar Kabupaten Sukabumi.

Anak ketiga dari pasangan H. Nuruddin Zain dan Hj. Irni Gunawariyani ini berhasil memukau dewan juri dan mencatatkan nilai tertinggi. Sekaligus menyisihkan para pesaingnya dari SMP Negeri dan Swasta se-Kabupaten Sukabumi.

Rafi Zain Ramdhan yang duduk di kelas 8F SMP Necan (sebutan populer SMP Negeri Cicantayan) kepada fokusmedianews.com mengungkapkan, dirinya sangat bangga bisa meraih juara pertama di ajang FTBI yang digelar tiap tahun ini. Menurutnya, ini merupakan bagian dari proses dan akan terus berlanjut. Yaitu proses pembelajaran atau latihan yang berkaitan dengan bahasa sunda sebagai bahasa ibu, dengan didukung oleh para guru yang sabar dan telaten di sekolah serta keluarga.

Baca Juga :   RUBI Sukabumi Gelar Festival Bonsai, Bupati Berharap Dilaksanakan Secara Rutin

“Atas keberhasilan ini saya mengucapkan rasa terimakasih yang tak terhingga kepada guru-guru disekolah dan keluarga dirumah yang selalu membimbing dengan baik. Tentu tidak boleh puas dengan apa yang diraih sekarang, karena harus meneruskan perjuangan ke tingkat Jawa Barat pada pertengahan November 2023 nanti. Mohon do’anya, semoga saya mampu membawa nama baik sekolah dan Kabupaten Sukabumi, ” ujar Rafi Zain, yang saat ini juga menjabat sebagai Wakil Ketua Osis SMP Necan.

Baca Juga :   Groundbreaking Perumahan Subsidi Pesona Cigunung 2, Bupati Ingatkan Sumur Resapan dan RTH
Rafi Zain Ramdhan bersama Kepala Sekolah SMP Negeri Cicantayan (SMP Necan) Hj. Eni Suryanita (Kanan) dan guru pembimbing, seusai penyerahan piala kepada pemenang pada ajang Festival Tunas Bahasa Ibu (FTBI) Tingkat Kabupaten Sukabumi, Senin (23/10/2023) // Foto : Dok FM News.

Festival Tunas Bahasa Ibu (FTBI) tingkat Kabupaten Sukabumi digelar di Aula Serbaguna Lingkungan Sekolah Model, Kecamatan Cikembar Kabupaten Sukabumi, pada hari Senin (23 Oktober 2023) dan dibuka Bupati Sukabumi H. Marwan Hamami. Ada beberapa cabang yang diperlombakan, yaitu  baca sajak, dongeng, nembang pupuh, biantara, nulis dan baca aksara Sunda, nulis carpon, dan ngabodor sorangan.

Baca Juga :   Pemkab Sukabumi Akan Optimalkan Pasokan Kebutuhan Masyarakat Guna Menekan Inflsi Daerah

Untuk tingkat Provinsi Jawa Barat Festival Tunas Bahasa Ibu (FTBI) akan digelar pada tanggal 14-16 November 2023 di Hotel Sutan Raja Soreang Kabupaten Bandung.

Kabupaten Sukabumi akan mengirimkan siswa-siswi terbaiknya yang telah terseleksi ditingkat Kabupaten, untuk masing-masing cabang yang diperlombakan. Salahsatunya Rafi Zain Ramdhan yang meraih Juara 1 nembang pupuh tingkat Kabupaten Sukabumi. (*Rizkiyani)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *