Breaking News

DPRD Sampaikan Keputusan Atas Dua Raperda Hasil Evaluasi Gubernur

Penyerahan berita acara dan penyerahan keputusan DPRD atas dua Raperda kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Sukabumi yang diterima Bupati Sukabumi H. Marwan Hamami. (Foto : Diskominfosan Kab Sukabumi).

FOKUSMEDIANEWS.COM, KAB SUKABUMI – Bupati Sukabumi H Marwan Hamami menghadiri Rapat Paripurna DPRD dalam rangka penyampaian keputusan pimpinan DPRD atas dua Raperda hasil evaluasi Gubernur.

Dua Raperda tersebut masing-masing tentang APBD Tahun Anggaran 2024 dan Raperda tentang Pajak Daerah dan Retribusi Daerah. Serta penyampaian laporan tahunan ke empat tahun 2023 dari masing-masing alat kelengkapan DPRD Kabupaten Sukabumi.

Rapat paripurna berlangsung di ruang rapat DPRD Kab. Sukabumi, Rabu 27 Desember 2023.

Baca Juga :   Rakor Kesiapan Pelaksanaan Pemilu 2024, Bupati Sukabumi : Pastikan Pemilu Aman dan Kondusif
Bupati Sukabumi H. Marwan Hamami (Foto : Diskominfosan Kab Sukabumi).

Bupati Sukabumi H Marwan Hamami menjelaskan, bahwa daerah harus semakin inovatif dan kreatif dalam menggali potensi PAD, khususnya peningkatan pajak daerah dan retribusi daerah guna mewujudkan kemandirian fiskal.

“Terkait dengan kinerja pemungutan agar optimal sehingga kita tidak tergantung pada dana transfer dari pusat,” ujarnya.

Penetapan peraturan daerah tentang pajak daerah dan retribusi daerah kata H Marwan, untuk pemerataan layanan publik dan peningkatan kesejahteraan masyarakat. Juga untuk mendorong peningkatan kualitas belanja di kabupaten sukabumi.

Baca Juga :   Bupati Sukabumi Lepas Atlet Cabor Drum Band Keajang Poprov XIV Jabar. Ini Harapannya .. !

Tidak hanya itu, Raperda tersebut dapat memberikan kepastian hukum dalam pemungutan pajak dan retribusi daerah, mendorong peningkatan kualitas belanja serta harmonisasi kebijakan fiskal antara pemerintah dan daerah untuk penyelenggaraan layanan publik yang optimal.

“Peraturan daerah tersebut menjadi kunci keberhasilan pembangunan daerah Kabupaten Sukabumi,” ungkapnya.

Bupati berharap, kedua Raperda hasil evaluasi Gubernur tersebut dapat dilakukan penyempurnaan sehingga bisa dijadikan sebagai Perda yang definitif.

Baca Juga :   Antisipasi Kemacetan Arus Mudik dan Balik Lebaran 2024, Polres Sukabumi Siapkan Rekayasa Lalulintas
(Foto : Diskominfosan Kab Sukabumi).

Sementara itu, Ketua DPRD Kabupaten Sukabumi, Yudha Sukmagara mengapresiasi seluruh anggota DPRD, Pansus DPRD dan pemerintah daerah yang telah bekerja untuk menyelesaikan tahapan dan pembahasan mengenai dua raperda tersebut.

“Semoga kerja dari semua pihak menjadi amal ibadah dan berdampak untuk kesejahteraan masyarakat Kabupaten Sukabumi,” pungkasnya.

Dalam kesempatan tersebut dilakukan penandatanganan berita acara dan penyerahan keputusan DPRD atas dua Raperda. (*rls)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *