Breaking News

Diaspora Jabar Berangkatkan Tujuh Produk UMKM ke Australia

Bumbu gepuk, salah satu produk UMKM yang di ekspor ke Australia (Foto : portal jabarprov)

FOKUSMEDIANEWS.COM, KOTA BANDUNG – Tujuh produk UMKM meliputi keripik kentang kemasan aneka rasa, serta rempah atau bumbu tradisional khas Nusantara seperti bumbu gepuk, nasi kuning, rendang, saus padang, soto, ditambah bumbu nasi kebuli berhasil menembus pangsa pasar internasional yaitu market di Australia.

Ketujuh produk UMKM yang dikirim ke Australia itu diproduksi oleh CV. Samara Micron Saleronell, industri berbasis UMKM di bilangan Holis, Kota Bandung.

Diaspora Jabar lewat Program Diaspora Jabar Chapter 2 memberangkatkan tujuh produk UMKM untuk diekspor ke Australia, Kamis (15/2/2024). Diaspora Jabar sendiri merupakan program yang bertujuan meningkatkan ekonomi dan investasi di Jabar.

Baca Juga :   Bupati Sukabumi Resmikan Gedung UTD PMI, Simak Harapannya !

Ekspor produk UMKM ini berkat kolaborasi Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Jabar dan Biro Pemerintahan dan Otonomi Daerah Setda Jabar.

Meski untuk awal volume barang yang dikirim masih relatif belum skala besar, namun ini merupakan langkah maju yang signifikan bagi perkembangan industri UMKM di Jabar. Hal ini juga menegaskan potensi pasar diaspora sebagai peluang berharga bagi para pelaku usaha UMKM.

Baca Juga :   Lewat Olahraga Bersama, Bentuk Sinergitas Lapas Warungkiara dengan PWI Sukabumi

Terkait ekonomi dan investasi, masuknya tujuh produk UMKM Jabar ke pasar Australia, memberikan dampak positif cukup signifikan. Terlebih langkah ini dilakukan melalui dukungan dan kolaborasi antara sektor publik dan swasta.

Founder Samara Micron, Marcelina Jasmin Sutisna, menyatakan sangat bersemangat dengan kesempatan memperluas pasar ke luar negeri.

“Kerja sama melalui Forum Diaspora Jabar telah membuka pintu bagi kami untuk mengakses pasar yang lebih luas, dan kami berharap ini hanya awal dari banyak kesuksesan yang akan datang bagi industri UMKM di Jawa Barat,” ujar Marcelina.

Baca Juga :   Ponpes Modern Assalam Putri Wisuda 137 Santriwati Tarbiyyatul Mu'allimat

Pemdaprov Jabar berkomitmen terus mendukung dan memperkuat upaya-upaya dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui pengembangan sektor UMKM dan promosi ekspor ke pasar luar negeri melalui Diaspora – Diaspora Indonesia, dengan menjajaki peluang pasar UMKM di negara-negara lainnya. (*rls)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *