Breaking News

Dedie Rachim : Pesantren Berperan Tingkatkan Indeks Pembangunan Manusia di Kota Bogor

Walik Wali Kota Bogor secara simbolis meresmikan Pesantren Ibnu Jalil didampingi Ketua Umum Yayasan Ibnu Jalil, Afipudin Abdul Jalil dan para sahabat yayasan yang dihadiri oleh tokoh agama dan tokoh masyarakat serta warga sekitar, di Jalan Guru Muchtar, Kecamatan Bogor Utara, Kota Bogor, Rabu (1/2/2024). (Foto : Diskominfo Kota Bogor)

FOKUSMEDIANEWS.COM, KOTA BOGOR – Keberadaan pesantren memiliki peran penting dalam meningkatkan Indeks Pembangunan Manusia di Kota Bogor. Saat ini, Kota Bogor berada di urutan ke-4 se-Jawa Barat dari 27 kabupaten/kota.

Hal itu disampaikan oleh Wakil Wali Kota Bogor, Dedie A. Rachim, saat meresmikan Pesantren Ibnu Jalil, di Jalan Guru Muchtar, Kecamatan Bogor Utara, Kota Bogor.

“Di Bogor itu ada 121 pesantren, dari 121 yg terdaftar secara resmi baru 88, kalau kemudian yayasan bermaksud berkeinginan membangun sebuah pondok pesantren ini tentu hal yang baik. Karena kita memang membutuhkan banyak lembaga untuk membawa anak-anak penerus bangsa ini memiliki akhlakul karimah soleh dan solehah. Jadi tidak cukup dengan pendidikan akademis saja,” katanya saat memberikan sambutan peresmian, Rabu (1/2/2024).

Baca Juga :   Pemdakab Bogor Tuan Rumah Pencanangan Gerakan Tanam Cabai Serentak se-Indonesia

Saat ini lanjut Dedie, lulusan pesantren juga sangat diperlukan oleh lembaga-lembaga pemerintahan, baik di daerah, provinsi hingga pemerintah pusat. Sehingga ke depan Indonesia Emas 2045 akan benar-benar terwujud.

Di lokasi yang sama, Ketua Umum Umum Yayasan Ibnu Jalil, Afipudin Abdul Jalil menyampaikan terima kasih atas dukungan dari Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor dan instansi lainnya yang telah membantu berdirinya pesantren dalam hal perizinan.

Baca Juga :   Pemkot Bogor Segera Cari Alternatif Akses ke Pasar Jambu Dua
Wakil Wali Kota Bogor memberikan sambutan pada acara peresmian Pesantren Ibnu Jalil di Jalan Guru Muchtar, Kecamatan Bogor Utara, Kota Bogor, Rabu (1/2/2024).

Saat ini seluruh izin mendirikan yayasan hingga pesantren sudah dimiliki oleh yayasan, mulai dari SK Kemenkumham hingga izin dari Provinsi Jawa Barat dan Kota Bogor. Ia pun berharap keberadaan pesantren ini bisa memberikan banyak manfaat bagi umat.

“Yayasan ini selain kita memberikan program sosial, kami memiliki sebuah program pemberdayaan umat dari segi memberikan kontribusi kepada umat dengan menyalurkan juga shodaqoh infaq yang diamanahkan kepada kami, dari yayasan untuk memberdayakan umat dari sisi ekonomi, sehingga selain kita memberikan tujuan pendidikan santri yang Qurani dan mandiri dan juga berkontribusi dengan mengembangkan pemberdayaan dari sisi ekonomi pendidikan dan sosial,” katanya. (*rls)

Baca Juga :   Seminar Seputar Pendidikan di Kota Bogor, Soroti Banyaknya Tantangan yang Dihadapi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *