Breaking News

Curug Cikaso dan Leuwi Kokok yang Eksotis, Menambah Marak Destinasi Wisata Kabupaten Sukabumi

Foto : FB Pemkab Sukabumi

FOKUSMEDIANEWS.COM, KAB SUKABUMI – Cari obyek wisata yang keren ? View yang menarik ? Datang saja ke Kabupaten Sukabumi. Kabupaten terbesar kedua se-Jawa dan Bali ini dianugrahi alam yang indah.

Kabupaten Sukabumi dengan luas 4.162 km2, sekitar 11,21 persen dari luas Jawa Barat atau 3,01 persen dari luas Pulau Jawa, dihuni penduduk sebanyak 2,572 juta berdasarkan data 2019.  Dikabupaten inilah bertebaran destinasi wisata yang luar biasa indah, yang patut disyukuri dan dinikmati.

Pemkab Sukabumi dan stakeholder lainnnya terus menggali potensi-potensi wisata yang akan menjadi daya tarik bagi wisatawan untuk datang ke Kabupaten Sukabumi. Semuanya akan melengkapi destinasi yang sudah lama dikenal bahkan menjadi ikon wisata Kabupaten Sukabumi.

Baca Juga :   Dinas DP3A Kab Sukabumi Gelar Bimtek Fasilitator Perahu Kertas

Kali ini, anda akan diajak untuk lebih dekat mengenal salah satu objek wisata di Kabupaten Sukabumi, tepatnya di Kecamatan Cibitung. Salah satu kecamatan yang berada di pesisir selatan Kabupaten Sukabumi Jawa Barat.  Disini ada sumber daya alam yang sangat eksotis, indah luar biasa, yaitu berupa wisata alam Air terjun (Curug-dalam habasa sunda) dan Lubuk (Leuwi-sunda). Diantara yang populer adalah curug cikaso dan leuwi kokok.

Curug Cikaso (Sumber Foto : FB Resmi Pemkab Sukabumi)

Curug Cikaso

Curug Cikaso, sebuah objek wisata air terjun yang terletak di kampung Ciniti, Desa Cibitung, Kecamatan Cibitung, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Nama asli air terjun ini sebenarnya adalah Curug Luhur, namun kebanyakan orang menyebutnya Curug Cikaso.

Baca Juga :   Pemkot Bogor Terbitkan SE Perayaan Tahun Baru, Tidak Boleh Ada Konvoi dan Petasan

Memiliki ukuran lebar 100 m dan ketinggian sekitar 30 m, Curug Cikaso ini terdiri dari tiga titik aliran air dengan dasar air terjun berbentuk kolam yang berisikan air jernih berwarna biru kehijauan. Dua aliran air terjun tersebut sangat jelas terlihat, sedangkan satu aliran lagi terlihat agak bersembunyi di balik tebing.

Ketiga air terjun tersebut memiliki nama masing-masing yaitu sebelah kiri bernama Curug Asepan, tengah bernama Curug Meong, sedangkan yang paling kanan bernama Curug Aki.

Sedangkan Leuwi Kokok, wisata Sukabumi satu ini berada di Blok Hutan Cikuda, Kampung Simpangdago, Desa Cibitung. Objek alam Leuwi Kokok menyajikan pesona menawan, sebuah pemandangan alam yang indah dihiasi pepohonan rimbun di sekitarnya.

Baca Juga :   Sekda Kota Bogor Tinjau Penanganan Bencana Longsor dan Kebakaran

Selain pariwisata, potensi yang dimiliki kecamatan Cibitung adalah sektor pertanian, perkebunan, peternakan, perikanan ikan tawar, pantai, kerajinan dan kuliner

Tak hanya Curug Cikaso, ada beberapa destinasi yang terus dikembangkan seperti Muara Cikaso, Muara Karangbolong, Laut Cikawung, panorama Puncak Pantun, hutan lindung Gunungbatu, Curug Taman dan Puncak Kekebet.

Sementara kerajinannya ada anyaman daun pandan seperti tikar, tas, topi juga ada anyaman bambu, untuk kuliner khas ada opak ketan,noga suuk dan noga kelapa.

Nah jika anda sedang mencari-cari tujuan wisata untuk menutup akhir tahun bersama keluarga, kolega dan sahabat karib, spot wisata Cibitung Sukabumi patut anda pertimbangkan. Ayo Ke Sukabumi !  (*Rls)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *