Breaking News

C’KOPI GAUD, Legenda Kedai Kopi di Sukabumi

C'KOPI GAUD di Jalan Achmad Yani No.45 Kota Sukabumi.

FOKUSMEDIANEWS.COM, KOTA SUKABUMI – Nama C’KOPI GAUD bagi penyuka kopi sudah tidak asing lagi. Bahkan bagi penikmat kopi sejati rasanya tidak afdal kalau belum pernah ‘nyeruput’ di kedai kopi legendaris ini.

C’KOPI GAUD adalah akronim dari kata Cai Kopi Gado-gado Udjang. Memang kedai yang berdiri sejak tahun 1953 itu dikenal sebagai rumah makan Gado Gado Udjang, rumah makan yang sangat familiar. Kini C’KOPI GAUD’ merupakan trademark untuk Coffee Shop yang beralamat di Jalan Achmad Yani No.45 Kota Sukabumi.

“Nama GAUD tetap dilestarikan sebagai heritage (warisan-red) dari leluhur,” ucap Avhes Didit, owner C’Kopi Gaud, saat berbincang dengan fokusmedianews.com.

Bagi penikmat kopi, minuman yang memberikan kebugaran itu ternyata memiliki nilai-nilai filosofis. Filosofis minum kopi hakekatnya adalah menghargai sebuah proses. Berbagai gaya seduhan kopi modern sangat beragam, tentunya semua itu melalui proses. Proses ekstraksi merupakan proses larutnya bubuk kopi saat terkena air yang kemudian menjadi air kopi.

Baca Juga :   Konfercab PCNU XVII Kab Sukabumi, Wabup Ajak Wujudkan Semangat Persatuan dan Kesatuan Bangsa

Beragam jenis yang ditawarkan kedai ini, diantaranya Kopi Tubruk, Espresso, Americano, Long Black, Coffee Latte, Cappucino, Machiato dengan berbagai rasa. Selain itu, berbagai varian dengan gaya Manual Brew. Diantaranya, Vietnam Drip, Syphon, Moka Pot dan lainnya.

“Umpamanya Syghon maupun Vietnam Drip. Varian kopi itu diproses dan disajikan dimeja pengunjung. Tetes demi tetes racikan kopi terlihat mengisi cangkir. Butuh waktu beberapa menit sampai cangkir terisi penuh. butuh proseses untuk meneguk kenikmatan,” ujarnya.

Pemesan manual brew (seduhan manual) Vietnam Drip/Syphon dipaksa sabar untuk melihat bagaimana cangkir kopi kosong terisi tetes demi tetes, sampai siap untuk diminum. Kenikmatan dilidah dan tenggorokan itu harus ditebus dengan kesabaran menunggu.

“Tetapi menunggu seduhan beberapa menit rasanya tak terlalu lama karena proses menetesnya kopi ternyata memiliki keindahan tersendiri,” tambah Avhes sambil tersenyum.

Baca Juga :   Gugah Peduli Kebersihan, Pj Walkot Sukabumi Beserta Jajaran Bersihkan Sampah Sungai

Coffee Shop ini juga menjamin berbagai varian kopi di kedainya disesuaikan dengan lidah orang Indonesia. Perpaduan antara kopi robusta dan kopi arabika memiliki aroma khas dengan rasa yang pas untuk orang Indonesia. Selain itu tak akan ada efek samping terhadap kesehatan lambung, karena diproses dengan seduhan air yang cukup matang dari biji kopi pilihan.

Avhes menjelaskan, C’KOPI GAUD menawarkan lebih dari 45 jenis varian kopi. Baik itu yang berbasis espresso, maupun seduhan manual. Karena Coffee Shop ini memiliki mesin Kopi Espresso yang handal, selain berbagai alat peracik kopi manual khas berbagai negara.

‘’Biasanya penikmat kopi lelaki memilih kopi espresso atau long black Americano. Sedangkan pelanggan perempuan lebih cenderung memilih jenis Late atau Ice Bland,”

Bukan hanya untuk urusan kopi, C’KOPI GAUD juga menyediakan menu makanan yang beragam, sesuai dengan perkembangan zaman. Walau begitu tetap mempertahankan menu-menu khas peninggalan jaman dulu, seperti rendang khas lebaran yang disajikan dengan Uli (Ulen). Selain makanan utama, disediakan juga penganan lain diantaranya. Pisang Goreng Godzila, Bala-bala, Karoket, Cireng Kriting bumbu rujak, Barbeque Sosis.

Baca Juga :   Dihadiri Kakanwil Kemenkumham Jabar, Lapas Warungkiara Sukabumi Panen Raya Hasil Pembinaan WBP

Tak hanya Kopi, makanan atau cemilan, Coffee Shop ini juga memanjakan customer dengan sajian musik live, diiringi home band yang piawai. Maklum, sang pemilik Coffee Shop ini, Avhes Didit, merupakan personil Country Jack. Tak heran jika beberapa musisi ternama pernah Jam Session di kedai gaul ini.

C’KOPI GAUD buka setiap hari dari jam 16.00 WIB hingga larut malam (Pk 02.00 WIB). Ngopi, makan, ngemil makanan ringan, denger musik atau menyanyi live diiringi para pemusk, nah ini tempatnya. (**)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *