Breaking News

Bima Arya : Rakernas APEKSI Juli 2023 di Makassar Akan Bahas Isu-isu Strategis

Ketua APEKSI yang juga Wali Kota Bogor Bima Arya (Foto : Diskominfo Kota Bogor)

FOKUSMEDIANEWS.COM, KOTA BOGOR – Ketua Dewan Pengurus Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) Bima Arya mengatakan, pelaksanaan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) APEKSI di Kota Makassar pada 12-14 Juli 2023 akan lebih berbeda.

Selain membahas isu-isu strategis terkait pemerintah daerah, Rakernas nanti juga akan menitipkan isu-isu krusial kepada para calon presiden untuk didengar gagasannya.

“Rakernas ini diselenggarakan di masa tahun politik. Rakernas akan strategis karena kami akan melakukan pembahasan atas isu-isu strategis yang akan kami minta untuk diartikulasikan oleh calon pemimpin kita nanti,” ungkap Bima Arya, Selasa (28/3/2023).

Foto : Diskominfo Kota Bogor

“Jadi, kami akan undang para Capres, mudah-mudahan sudah definitif di bulan Juli nanti. Dan para Capres ini akan kami dengar gagasannya, visinya untuk Indonesia ke depan sekaligus kita titipkan beberapa isu krusial seperti isu evaluasi otonomi daerah, reformasi birokrasi, isu meritokrasi dan remunerasi serta beberapa isu lainnya,” tambahnya.

Baca Juga :   Setelah Dikirab dari Sumedang, Mahkota Raja Pajajaran Binokasih Dipamerkan di Perpustakaan Kota Bogor

Rakernas tahun ini juga berbeda karena akan menjadi Rakernas terakhir dari kepengurusan APEKSI saat ini. Terlebih, hampir seluruh wali kota akan memasuki akhir masa jabatannya. “Dan ini Rakernas yang diselenggarakan di masa-masa transisi, banyak penjabat (pj) wali kota, bupati, gubernur dan masuk injury time dari kepemimpinan lokal hingga nasional,” kata Bima.

Foto : Diskominfo Kota Bogor

Selain Rakernas, kegiatan bertajuk ‘Kota Kita Maju, Indonesia Kita Kuat’ juga akan menghadirkan pameran Indonesia City Expo (ICE) yang menyuguhkan keunggulan dan potensi 98 kota di tanah air hingga pawai budaya nusantara yang rencana bakal dihadiri oleh Presiden RI Joko Widodo (Jokowi).

Baca Juga :   Kapolres Sukabumi Usut Tuntas Tragedi Truk Pengangkut Gas yang Meledak

“Insya Allah nanti Pak Jokowi akan hadir Indonesia City Expo dan akan kami ajak menyusuri expo seperti beliau menyusuri seluruh penjuru nusantara. Ada juga acara tradisi pawai budaya dan tentu akan menjadi daya tarik utama,” ujarnya.

Bima Arya memprediksi akan ada perputaran uang luar biasa dari penyelenggaraan Rakernas dan Indonesia City Expo. “Kita prediksi nanti akan berdampak signifikan bagi PAD Makassar dan Sulawesi Selatan. Kalau tahun lalu di Rakernas Padang estimasi ada perputaran uang sekitar Rp 30 miliar, maka tahun ini harusnya di atas itu,” imbuh Bima.

Baca Juga :   Pasar Buku Al Muttaqin Taleus Bogor Bangun Peradaban Melalui Literasi
Foto : Diskominfo Kota Bogor
Pengurus dan anggota APEKSI ( Foto : Diskominfo Kota Bogor)

Sementara itu, Wali Kota Makassar, Ramdhan Pomanto menyatakan kesiapannya menjadi tuan rumah Rakernas dan ICE 2023. “Alhamdulillah Makassar dipilih menjadi tuan rumah. Makassar terus bersiap diri untuk menyambut peserta Rakernas,” Danny Pomanto, sapaan akrabnya.

Danny Pomanto juga mengusulkan ada deklarasi agar aspirasi daerah lewat kota-kota bisa ditindaklanjuti oleh para pemangku kepentingan di tingkat nasional. “Sebab kota sangat strategis dan banyak akumulasi persoalan di daerah itu larinya ke kota. Seperti pengangguran, urbanisasi, kepadatan, itu jadi bagian persoalan di kota sehingga saya kira momen ini sangat baik sekali untuk semua. Semoga acara ini menjadi acara terbaik yang dimiliki APEKSI,” pungkasnya. (*R)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *