Breaking News

Asda I Setda Kabupaten Sukabumi : Kesiapsiagaan Pribadi dan Keluarga Faktor Utama Menghadapi Bencana

Asisten Daerah (Asda) I Setda Kabupaten Sukabumi Ade Setiawan.

FOKUSMEDIANEWS.COM, KAB. SUKABUMI – Asisten Daerah (Asda) I Setda Kabupaten Sukabumi Ade Setiawan menekankan pentingnya kesiapsiagaan pribadi dan keluarga dalam menghadapi bencana. Sebab, 60 persen faktor keselamatan ditentukan oleh kesiapsiagaan pribadi dan keluarga.

“Kontribusi tim penolong dalam keselamatan bencana di bawah dua persen. Jadi, paling peting kesiapsiagaan pribadi dan keluarga,” ujarnya saat menghadiri pencanangan dan rakor Gerakan PKK Keluarga Sehat Tanggap dan Tangguh Bencana (Gagah Bencana) Kabupaten Sukabumi tahun 2022 di Pendopo, Selasa, 18 Oktober 2022.

Baca Juga :   Jelang Posyandu Award Tingkat Jabar 2022, Pemkab Sukabumi Optimis Dapat Juara

Maka dari itu, dirinya mengingatkan empat hal yang harus dilakukan dalam menghadapi bencana. Hal itu dimulai dari perencanaan kesiapsiagaan.

Menurutnya, empat hal tersebut masing-masing, pertama mampu menganalisa bencana yang mungkin terjadi, baik bencana alam maupun non alam. Kedua menentukan lokasi jalur evakuasi, sehingga bisa sigap berlari ketika terjadi bencana. Ketiga, menyiapkan tas siaga yang berisi kebutuhan untuk pasca bencana. Keempat, melakukan simulasi agar siap menhgadapi bencana.

Baca Juga :   75 Dokter Unhan Jalani Program Klinik di Kota Bogor

Sementara Wakil Ketua TP PKK Kabupaten Sukabumi Hj Tika Rostika menyebutkan, kegiatan ini merupakan strategi menggerakan, mengedukasi, serta membina seseorang, keluarga, atau masyarakat. Terutama, supaya mereka bisa menolong diri sendiri maupun orang lain.

“Ini strategi agar masyarakat terlatih dan melakukan kesiapsiagaan bencana di lingkungannya masing masing,” pungkasnya.

Editor : Anom Nurzain

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *