Breaking News

600 Pelari dari Berbagai Daerah Ikuti Geopark Ciletuh Run 2024 di Pantai Palangpang Ciemas

Peserta Geopark Ciletuh Run 2024 dilepas Bupati Sukabumi H. Marwan Hamami di Pantai Palangpang, Desa Ciwaru, Kecamatan Ciemas. (Foto : Istimewa)

FOKUSMEDIANEWS.COM, KAB SUKABUMI – Bupati Sukabumi, H Marwan Hamami melepas peserta Geopark Ciletuh Run 2024, di Pantai Palangpang, Desa Ciwaru, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi, Minggu, 12 Mei 2024.

Geopark Ciletuh Run 2024 diikuti sekitar 600 peserta dari berbagai daerah. Terdapat dua kategori sesuai jarak ditempuh, yaitu jarak 5 kilometer dan 10 kilometer. Start diawali dari runners 10 kilometer dan dilanjutkan 5 kilometer.

Di ajang ini, para peserta menyusuri rute denganpemandangan indah kawasan geopark ciletuh sepanjang lintasan, sehingga runners akan mendapatkan pengalaman seru saat mengikuti event turisme tersebut.

Baca Juga :   Pembekalan Mentor PKN Tingkat II Angkatan VI, Bahas Tiga Penilaian Prinsip Terkait Sikap Prilaku
Peserta Geopark Ciletuh Run 2024 di Pantai Palangpang, Desa Ciwaru, Kecamatan Ciemas. (Foto : Istimewa)

Bupati Sukabumi H Marwan Hamami menyampaikan, geopark run series 2024 diselenggarakan di 5 geopark di Indonesia. Diantaranya Ciletuh Palabuhanratu Unesco Global Geopark, Geopark Nasional Meratus, Maros Pangkep UGGP, Rinjani Lombok UGGP, dan Belitong UGGP.

“Kami sangat bersyukur, geopark series 2024 ini dimulai dari Ciletuh Palabuhanratu,” ungkapannya.

Disampaikan H Marwan, event tersebut sebagai simbol semangat pemerintah untuk mempromosikan keindahan alam dan potensi pariwisata yang dimiliki. Melalui langkahnya itu, H Marwan yakin pesona alam dan budaya Kabupaten Sukabumi akan semakin terkenal dimata dunia.

Baca Juga :   Peduli Terhadap Kebersihan Lingkungan Pesisir, 10 Mahasiswa KKNT-I IPB Lakukan KOLABORAKSI
Para pemenag Geopark Ciletuh Run 2024 saat menerima hadiah (Foto : Istimewa)

Selain terus mempromosikan pariwisata, Pemerintah Kabupaten Sukabumi juga tengah konsen pengembangan Geofood sebagai strategi inovatif unesco.

“Saya ingin mengajak kepada semua untuk menjadikan acara ini sebagai momentum agar lebih peduli terhadap pariwisata lokal kita,” imbuhnya.

Bupati meminta, kepada para runners geopark agar selalu menjaga lingkungan dan menghormati budaya serta tradisi yang ada supaya taman bumi Kabupaten Sukabumi bisa terus lestari. Begitu pun masyarakat senantiasa bisa melayani wisatawan dengan senang hati.

Baca Juga :   Dekranasda Kab Sukabumi Kembali Gelar Bazar Culinary Ramadhan, Catat Waktunya !
Bupati dan Wakil Bupati Sukabumi foto bersama dengan peserta Geopark Ciletuh Run 2024 (Foto : Istimewa)

“Mari kita wujudkan memuliakan warisan Bumi dan menyejahterakan manusia sebagai motto geopark,” tandasnya.

Dalam kesempatan tersebut Bupati Sukabumi memberikan penghargaan kepada pemenang lomba Geopark Ciletuh Run 2024 dari masing-masing kategori. (*rls)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *