Breaking News

Waluran Tempat Singgah, Rehat Dan Kuliner Wisatawan CPUGGp

FOKUSMEDIANEWS.COM, KAB. SUKABUMI – Kecamatan Waluran merupakan salah satu kecamatan yang masuk dalam cakupan kawasan Ciletuh Palabuhanratu Unesco Global Geopark (CPUGGp).

Walau Kecamatan Waluran dikategorikan tidak memiliki potensi Wisata Alam, namun memiliki aset dan prospek besar dibidang Wisata Edukasi pertanian, Wisata Kuliner hasil pertanian serta Perkebunan dan Peternakan.

Sebut saja Hanjeli yang dikenal dengan sebutan jali atau jali-jali di Indonesia. Tanaman hanjeli berbentuk rumpun setahun dengan batang yang tegak dan besar. Tinggi batang dapat mencapai 1-3 m. Akar tanaman bersifat kasar dan sulit dicabut. Letak daunnya berseling dengan helaian berbentuk pita dan ukuran 1-5 cm.

Baca Juga :   Kepala Disdik Jabar : Hentikan Sementara Rapat-rapat Komite Sekolah

Di Waluran, tanaman hanjeli sudah menjadi primadona, bahkan tanaman yang dibudidayakan di Desa Waluran Mandiri tersebut banyak dijadikan bahan penelitian mahasiswa dan praktisi dibidang pertanian dari dalam dan luar negeri.

Menurut Camat Waluran Ali Murtado, wilayahnya saat ini tengah fokus pada pembangunan infrastuktur dan pengembangan sektor UMKM.

Dirinya berharap kecamatan Waluran sebagai salah satu jalur alternatif menuju wilayah pantai Minajaya, pantai Palangpang, Ujung Genteng dan daerah wisata lainnya di CPUGGp dapat menjadi tempat istirahat, berbelanja dan kuliner para wisatawan sehingga dapat meningkatkan ekonomi masyarakat.

Baca Juga :   Gubernur Jabar dan Kepala Daerah Tandarangani Kerjasama Integrasi Data Layanan Publik

“Kami telah melakukan berbagai upaya pelatihan kepada masyarakat dan pelaku UMKM agar dapat lebih aktif dan giat dalam mempromosikan dan mendistribusikan produknya, sehingga dikenal konsumen dan memberikan nilai tambah” ujarnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *