Breaking News

Wakil Wali Kota Bogor Ajak Anggota Pramuka Jadi Entrepreneur

Wakil Wali Kota Bogor Dedie A Rchim bersama pesertra pelatihan kewirausahaan bagi tingkat penegak dan pandega tahun 2023 di Tanah Sareal Kota Bogor (Foto : Dok Diskominfo Kota Bogor)

FOKUSMEDIANEWS.COM, KOTA BOGOR – Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kota Bogor kembali mengadakan pelatihan kewirausahaan bagi tingkat penegak dan pandega tahun 2023 ini. Pelatihan digelar di Bhumi Living Space, Jalan Ahmad Yani, Tanah Sareal, Rabu (11/10/2023) pagi.

Dalam pelatihan dihadirkan pula dua narasumber yang bergerak di bidang usaha ekonomi kreatif. Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Kota Bogor, Dedie A. Rachim membuka lansung sesi pelatihan.

Baca Juga :   Ketua Kwarcab Minta Jajaran Pramuka Tingkat Kecamatan Inovatif Untuk Kemajuan

“Menjalankan kegiatan kepramukaan juga bukan hal yang mudah. Salah satu jalan keluarnya adalah bagaimana kepramukaan punya sumber – sumber pembiayaan sendiri. Termasuk juga semacam pengkaderan atau semacam pelatihan entrepreneurship juga bisa menjadi salah satu bagian dari gerakan pramuka,” urai Dedie yang juga Wakil Wali Kota Bogor.

Bagaimana kemudian, entrepreneurship itu dibangun untuk mendukung kegiatan kepramukaan. Namun jangan lupa kata Dedie, godaan dan tantangan ke depan sudah menanti saat memulai kewirausahaan.

Baca Juga :   Kelurahan Kebon Pedes Deklarasi Jadi Kelurahan Bersinar

Bicara pelaku usaha, Dedie mengungkapkan jika bicara data nasional, tingkat keikutsertaannya masih relatif kecil. Dibanding dengan kebutuhan dunia usaha di Indonesia. Secara persentase, kemungkinan berada di angka 10 sampai 20 persen.

“Oleh karena itu, melalui pelatihan dan program ini paling tidak jangan semua ingin menjadi pegawai negeri. Komposisinya lebih kecil dibanding menjadi seorang wirausahawan. Para pelaku dunia usaha masih banyak dibutuhkan,” sambungnya.

Baca Juga :   Musrenbang Kabupaten Sukabumi, Bupati : Keberhasilan Pembangunan Diawali Perencanaan yang Baik dan Berkualitas

Pelatihan ini merupakan lanjutan dari program serupa yang sudah diselenggarakan tahun lalu. Ada 20 peserta anggota pramuka yang mewakili 6 kwartir ranting di Kota Bogor. (*rls)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *