Breaking News

Sistem One Way Efektif Dalam Mengurai Kemacetan di Kawasan Wisata Palabuhanratu

Foto : Humas Polres Sukabumi

FOKUSNEDIANEWS, KAB SUKABUMI -Sebanyak 3 kali rekayasa arus lalulintas berupa penerapan One Way Sepenggal atau pemberlakuan satu arah dilakukan oleh Jajaran Polres Sukabumi guna mengurangi kemacetan arus lalulintas di kawasan wisata Cisolok, Cikakak dan Citepus Palabuhanratu pada Sabtu (13/04/24).

“Sepanjang hari ini Polres Sukabumi telah melakukan 3 kali kebijakan penerapan one way sepenggal, guna mengurai kemecatan yang terjadi di sepanjang jalur wisata Pantai Palabuhanratu dan sekitarnya,” jelas Kasi Humas Polres Sukabumi Iptu Aah Saepul Rohman dalam rilis resminya malam ini.

Baca Juga :   Tol Bocimi KM 64 Arah Jakarta ke Sukabumi Amblas, Ditutup Untuk Sementara

Dalam pelaksanaan One Way yang dipimpin oleh Kapolres Sukabumi AKBP Tony Prasetyo, menurut Aah, berlangsung lancar dan sukses dimana arus lalulintas tidak sampai terjadi stag (berhenti), kalaupun terjadi kelambatan laju kendaraan tidak berlangsung lama dan segera dapat diatasidiatasi.

Foto : Humas Polres Sukabumi

“Pengendalian kegiatan one way dilakukan di Pos Pam Gunung Butak Palabuhanratu dan berlangsung 30 menit dalam setiap sesi pelaksanaannya,” jelas Aah.

Masih kata Aah, pelaksanaan one way sepenggal tersebut dengan cara memberikan kesempatan kepada kendaraan wisatawan untuk keluar dari kawasan wisata Palabuhanratu dan menahan sementara kendaraan para wisatawan yang akan memasuki kawasan wisata pantai.

Baca Juga :   Polres Sukabumi Ungkap Kasus Tawuran yang Menelan Korban Jiwa

Sementara itu Kapolres Sukabumi AKBP Tony Prasetyo yang memimpin langsung pelaksanaan penerapan rekayasa arus lalulintas one way sepenggal mengatakan, penerapan rekayasa arus lalulintas one way sepenggal didasari oleh peningkatan arus wisatawan dan kepadatan arus lalulintas di kawasan wisata pantai.

“Tentunya pelaksanaan rekayasa arus lalulintas tersebut kami laksanakan secara selektif prioritas melihat dari volume kendaraan apabila terjadi antrian panjang,” ungkap Tony disela-sela kegiatan nya di lokasi pantai Karang hawu Cisolok.

Baca Juga :   Angin Kencang Disertai Hujan Deras Sebabkan Pohon Tumbang Menimpa Rumah di Balekambang Nagrak
Foto : Humas Polres Sukabumi

Tony juga menjelaskan, bagaimana penarikan kendaraan harus dilakukan manakala antrian kendaraan yang sudah panjang dari mulai pantai Karanghawu sampai pertigaan menuju Bayah atau dari mulai pertigaan Gunung Butak yang ekornya sudah sampai Balai Desa Citepus.

Selain memimpin kegiatan one way, Kapolres Sukabumi AKBP Tony Prasetyo juga mengecek kesiapan pengamanan pantai, dimana pesisir pantai sudah dipenuhi oleh belasan ribu wisatawan. (*rls)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *