Breaking News

PLUT KUMKM Sukabumi Sosialisasikan Pentingnya Legalitas Usaha Bagi UKM

PLUT KUKM dan Dinas KUKM Kabupaten Sukabumi menggelar Sosialisasi Legalitas dan pendukung lain bagi pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM), Rabu (15/3/2023). Foto : Plut UKUM Kab. Sukabumik.

FOKUSMEDIANEWS.COM, SUKABUMI – Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT) KUKM dan Dinas KUKM Kabupaten Sukabumi, sosialisasikan pentingnya legalitas usaha dan fasilitas pendukung usaha lainnya bagi Usaha Kecil Menengah (UKM). Kegiatan ini mengusung tema “Sosialisasi Legalitas Pelaku UKM dalam Mendukung UMKM Naik Kelas”.

Sosialisasi yang dilaksanakan di Aula Pertemuan Kantor Desa Mangkalaya Kecamatan Gunungguruh, Rabu (15/03/2023) tersebut, bekerjasama dengan Pemerintah Desa (Pemdes) Mangkalaya dan Kelompok Usaha Bersama (KUBE) Perumahan Mangkalaya, BPJS Ketenagakerjaan Cabang Sukabumi, Pegadaian dan Pendamping Halal,

Baca Juga :   Kota sukabumi Kirimkan 359 Atlet dan 116 Official pada Perhelatan Porprov XIV Jabar 2022

Ketua Harian PLUT KUKM Sukabumi, Aam Abdul Salam menekankan, pentingnya pelaku UKM memiliki legalitas dan pendukung usaha lainnya.

Foto : PLUT KUKM Kabupaten Sukabumi

“Sesuai arahan dari Bapak Presiden Jokowi untuk Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN), sektor UMKM di daerah merupakan ujung tombak tak terpatahkan sebagai akselerator PEN. Selain itu, penting sekali diketahui berbagai bahwa legalitas Pelaku UKM adalah hal Vital yang sangat diperlukan. Disini PLUT KUKM juga mendatangkan berbagai lembaga dan instansi pendukung UKM, seperti dari Dinas KUKM Kab Sukabumi, Pendamping halal, BPJS Ketenagakerjaan sampai Bab Permodalan,” ucapnya.

Baca Juga :   Melon Made Fresh Kota Bogor Pikat Wisatawan

Sementara Kasi Koperasi DKUKM Kabupaten Sukabumi, Herman Supandi, menyampaikan Sosialisasi ini merupakan bentuk ikhtiar dalam meningkatkan status pelaku UKM.

“Sosialisasi saat ini menekankan pada bentuk iktiar untuk peningkatan status Pelaku UKM, dari yang tidak berijin menjadi memiliki Ijin resmi melalui kepemilikan NIB, PIRT sampai dengan Sertifikasi halal dan Permodalan melalui program KUR Pegadaian. Lebih lanjut ada program perlindungan dari BPJS Ketenagakerjaan. luar Biasa ?,” ucap Herman.

Baca Juga :   Pemkot Bogor Investigasi Penyebab Warganya Keracunan
Foto : PLUT KUKM Kabupaten Sukabumi

Acara berlangsung interaktif dengan menghadirkan beberapa narasumber, diantaranya Andri Hotimuwahid dan Ibnu dari BPJS Ketenagakerjaan Cabang Sukabumi, Dini dan Prana serta Therefa dari Pendamping Halal (Halal Center Muslim Cendekia) kemudian Andri dari Pegadaian Cabang Sukabumi. Diakhiri dengan penyerahan NIB (Nomor Induk Berusaha), salah satu Pelaku UKM bernama Herawati Lubis. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *