Breaking News

Pj Bupati Bogor Audiensi dengan Danru Satlinmas, Pastikan Kesiapan Menyongsong Pesta Demokrasi

Pj. Bupati Bogor Asmawa Tosepu (Sumber : jabarprov.go.id)

Pj. Bupati Bogor Asmawa Tosepu menghadiri audiensi dengan Komandan Regu (Danru) Satlinmas se-Kabupaten Bogor, di Gedung Tegar Beriman, Cibinong, Kamis (25/1/2024). Pertemuan ini dalam rangka memastikan kesiapan penyelenggara negara termasuk Komandan Regu Satlinmas di masing-masing desa dalam menyongsong pesta demokrasi terakbar sepanjang sejarah Indonesia dengan baik.

Asmawa Tosepu menyebutkan, anggota Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) merupakan garda terdepan dalam mengawal Pemilu serentak tahun 2024, agar berlangsung aman, damai dan kondusif.

“Peran dan fungsi Satlinmas sangatlah penting dalam pelaksanaan pesta demokrasi ini. Sebagai aparat keamanan yang paling dekat dan bersentuhan langsung dengan warga, anggota Satlinmas berada di garda terdepan dalam mengawali Pemilu serentak tahun 2024, agar berlangsung aman, damai dan kondusif,” ungkapnya.

Baca Juga :   PWI Kabupaten Bogor Peringati HPN 2024 dan HUT PWI ke-78 dengan Ziarah ke TMP Pondok Rajeg Dihadiri Pj Bupati dan Kadiskominfo

Asmawa meminta anggota Satlinmas agar memperkuat sinergi dan kerjasama dengan TNI, Polri, serta seluruh pemangku kepentingan dan komponen masyarakat dalam menjaga pesta demokrasi di Kabupaten Bogor agar tetap kondusif. Ia yakin, kehadiran dan semangat anggota Satlinmas akan mampu menjaga kondusivitas wilayah Kabupaten Bogor secara umum, khususnya di desa masing-masing.

“14 Februari biasanya dikenal sebagai hari kasih sayang, tapi tahun 2024 ini kita ubah menjadi hari kasih suara. Karena semua warga negara yang memiliki hak konstitusional yakni hak memberikan suara, sama-sama pergi ke TPS untuk memilih pemimpin bangsa untuk lima tahun ke depan,” ujarnya.

Baca Juga :   Persiapkan Duta Zakat yang Mumpuni, Baznas Kota Sukabumi Gelar Pelatihan ESQ

Lebih lanjut Asmawa menjelaskan, berdasarkan Peraturan Menteri Dalam Negeri nomor 26 tahun 2020 tentang Penyelenggaraan Ketertiban Umum dan Ketentraman Masyarakat Serta Pelindungan Masyarakat, Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) merupakan bagian dari fungsi Satuan Polisi Pamong Praja yang secara khusus dibentuk dan disiapkan untuk melakukan kegiatan penanganan bencana , memelihara ikut ketentraman menjaga masyarakat, membantu penanganan dan keamanan pemilu, serta membantu upaya perlindungan negara.

Baca Juga :   Monitoring Proyek Rutilahu, Kapolsek Cikembar Resor Sukabumi Turun Langsung Kelapangan

“Saya yakin dan percaya Satlinmas di Kabupaten Bogor juga sudah sangat memahaminya dalam Pemilu sesuai Permendagri No 10 tahun 2009 tentang Penugasan Satlinmas Dalam Penanganan Ketentraman, Ketertiban dan Keamanan Penyelenggaraan Pemilihan Umum (Pemilu),” katanya.

Turut dihadiri perwakilan Forkopimda, Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo), Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD), serta jajaran Pemerintah Daerah Kabupaten (Pemdakab) Bogor lainnya. (**rls)

Sumber : jabarprov.go.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *