Breaking News

Pembangunan Sekolah Satu Atap Green Building Diharapkan Jadi Percontohan Trias UKS

Sekolah Satu Atap (Satap) SDN Kencana 4 dan SMPN 21 Kota Bogor di Kelurahan Kencana, Kecamatan Tanah Sareal, Kota Bogor (Foto : Dok Diskominfo Kota Bogor)

FOKUSMEDIANEWS.COM, KOTA BOGOR – Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bogor, Syarifah Sofiah meninjau progres pembangunan tahap akhir Sekolah Satu Atap (Satap) yang akan digunakan sebagai sekolah SDN Kencana 4 dan SMPN 21 Kota Bogor di Kelurahan Kencana, Kecamatan Tanah Sareal, Kota Bogor, Selasa (17/10/2023).

“Sekolah ini konsepnya green building, green school sekolah hijau. Akan ada penanaman vegetasi di luar bangunan dan harus bagus. Selain itu juga di dalam ruangan di selasar kemudian di rooftop yang akan menjadi tempat olahraga dan upacara akan dibuat vertical garden,” katanya di sela-sela tinjuan.

Menggunakan konsep green building Satap Kencana ini akan menggunakan solar cell untuk menghemat energi. Selain itu Sekda Syarifah juga meminta agar sekolah ini tidak hanya ramah lingkungan (Green Building) tapi juga sebagai sekolah percontohan trias UKS (Usaha Kesehatan Sekolah) sebagai upaya satuan pendidikan dalam menanamkan, menumbuhkan, mengembangkan serta meningkatkan kemampuan hidup sehat, dengan penerapan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), serta derajat kesehatan peserta didik melalui pelaksanaan Trias UKS.

Baca Juga :   Sekda Kota Bogor : Menata Kearsipan Dengan Hati

Diantaranya Pendidikan Kesehatan, pembiasaan PHBS pelayanan kesehatan dan pembinaan lingkungan Sekolah Sehat.

“Karena sudah dibangun gedung sangat bagus, jadi manajemennya juga harus bagus menjadi sekolah percontohan UKS melalui penerapan trias UKS, dari mulai tempat cuci tangan, toilet terpisah, ruang UKS terpisah, kantin sehat, pelayanan kesehatan dan sebagainya,” ujarnya.

Dengan begitu lanjut Sekda, siswa bisa mengakses layanan kesehatan jika sakit, mendapat materi tentang kesehatan lingkungan dan jajan di kantin sehat.

Baca Juga :   BPOM Kunjungi Pemkab Sukabumi, Paparkan Program Keamanan Pangan

“Karena kalau tidak ada kantin di dalam, anak-anak aktivitas diluar sekolah, sekolah akan sulit mengendalikan dan mengontrol anak yang istirahatnya di luar bangunan, padahal kita harus hati hati untuk juga melindungi anak-anak dari kriminalitas sehingga keamanannya juga harus diperhatikan. Sehingga orang tua juga merasa nyaman karena anaknya aman,” katanya.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bogor Hj. Syarifah Sofiah meninjau pembangunan Sekolah Satu Atap (Satap) yang akan digunakan SDN Kencana 4 dan SMPN 21 Kota Bogor yang berlamat di Kelurahan Kencana, Kecamatan Tanah Sareal, Kota Bogor, Selasa (17/10/2023). (Foto : Dok Diskominfo Kota Bogor )

Dalam tinjauan tersebut Sekda lebih dahulu melihat laporan progres pengerjaan yang selanjutnya dilakukan pengecekan gedung di lantai satu hingga rooftop.

Baca Juga :   Schoters By Ruang Guru Jajaki Kerja Sama Beasiswa Bimbel Studi Luar Negeri

Saat ini progres pengerjaan Sekolah Satap di Kelurahan Kencana sudah memasuki proses tahap finishing.

“Proses pembangunannya dibangun bertahap, sudah 4 tahun. Tahun ini terakhir tadi kita cek finishingnya, sekarang setiap lantai sudah finishing, tadi saya ingatkan diresmikannya Desember, berarti saat selesai semua harus sudah rapi dan bersih,” katanya.

Progres pembangunan satu atap ini mengalami deviasi positif sehingga bisa diselesaikan tepat waktu. Per tanggal 15 Oktober, progres pengerjaan sudah mencapai 65,36 dari rencana target 50,77 sehingga mengalami deviasi positif sebesar 14,59 persen. (*Rls)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *