Breaking News

MTQ ke-46 Tingkat Kabupaten Sukabumi Resmi Dibuka Wakil Bupati

Wakil Bupati Sukabumi H. Iyos Somantri membuka MTQ ke-46 tingkat Kabupaten Sukabumi. (Foto : istimewa)

FOKUSMEDIANEWS, KAB SUKABUMI – Musabaqoh Tilawtilquran Quran (MTQ) ke-46 Tingkat Kabupaten Sukabumi Resmi Dibuka oleh Wakil Bupati Sukabumi H. Iyos Somantri, Sabtu malam (2/3/2024). Perhelatan MTQ tahun ini digelar di Lapang GMC Desa Ciwaru, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi.

Pembukaan MTQ tersebut berlangsung meriah dengan menampilkan berbagai kreasi kesenian bernuansa Islami. Dihadiri unsur Forkopimda Kabupaten Sukabumi, sejumkah kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan , para camat yang ada di Kabupaten Sukabum.

MTQ ke-46 tingkat Kabupaten tahun ini mengambil tema “Melalui MTQ ke 46 kita wujudkan masyarakat Kabupaten Sukabumi yang religius, maju, inovatif, sejahtera lahir batin ini”. Musabaqoh ini dijadwalkan berlangsung selama enam hari, terhitung tanggal 2-7 Maret 2024.

Baca Juga :   Ustadz Abdul Shomad : Jemaah Tabligh Akbar di Lapang Merdeka Kota Sukabumi Terbanyak Pasca Pandemi Covid-19

Dalam sambutannya H. Iyos Somantri mengatakan, kegiatan MTQ ini sejalan dengan visi Kabupaten Sukabumi. Terutama dari sisi kereligiusan.

“MTQ ke 46 ini harus dijadikan momentum menjabarkan, mengembangkan, dan mengimplementasikan pokok-pokok ajaran keagamaan yang fundamental dan hakiki, yakni Alquran,” ujarnya.

Oleh karena itu, menurut Wabup, MTQ ini sangat berharga, terutama dalam memasifkan baca dan tulis Alquran.

“Manfaatkan lomba ini untuk memasifkan baca dan tulis Alquran di Kabupaten Sukabumi. Hal ini sesuai visi Kabupaten Sukabumi yang religius,” ucapnya.

Baca Juga :   Sekda Sukabumi : Penyusunan RKPD Harus Sinkron Dengan Provinsi dan Pusat

Dari sisi lomba sendiri, H. Iyos berharap terdapat potensi unggul dari Kabupaten Sukabumi. Sehingga bisa mengikuti lomba di tingkat provinsi, nasional bahkan internasional.

“Jadi, saya berharap para juri teliti dalam menilai. Sehingga, anak yang juara merupakan putra terbaik di Kabupaten Sukabumi,” harapnya.

Panitia Kegiatan MTQ ke 46 tingkat Kabupaten Sukabumi tahun 2024,Tamtam Alamsyah dalam laporannya menjelaskan, lomba ini diikuti sekitar 963 peserta dari 47 kecamatan. Mereka mengikuti berbagai cabang MTQ.

“Terdapat beberapa cabang yang dilombakan. Diantaranya tilawah, tilawatil anak, tahfid murotal, tahfid 1, 5, 10, 20, dan 30 juz, kaligrafi, tafsir, dan beberapa lomba lainnya,” ungkapnya

Baca Juga :   Sekda Kota Bogor Tinjau Gladi Resik Upacara Peringatan HUT RI ke-78

Sebelum kegiatan itu dimulai, dilaksanakan pawai taaruf terlebih dahulu yang melibatkan sekitar 5.581 orang. Selain itu, melantik 95 dewan hakim.

“Lewat lomba ini, kami ingin mendorong dan meningkatkan pengetahuan, penghayatan, hingga pengamalan Alquran,” pungkasnya.

Penyerahan piala bergilir juara umum dari kecamatan Cisaat kepada Wakil Bupati, dan diserahkan kembali kepada Panitia pelaksana MTQ ke-46. Tingkat Kabupaten Sukabumi. (Foto : istimewa)

Dalam kesempatan tersebut, terdapat penyerahan piala bergilir dari Kecamatan Cisaat selaku juara umum MTQ ke 45 kepada Wakil Bupati Sukabumi. Di mana, piala bergilir itu diserahkan lagi ke panitia MTQ ke 46 tingkat Kabupaten Sukabumi tahun 2024.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *