Breaking News

MaKlin, Produk Sabun Cuci Piring Karya UMKM Warga Desa Ciheulang Tonggoh Cibadak Sukabumi Siap dipasarkan

Produk Sabun cuci piring dengan merk MaKlin yang di produksi UMKM BUMDes Desa Ciheulang Tonggoh, Kecamatan Cibadak, Kabupaten Sukabumi. (Foto : Istimewa)

FOKUSMEDIANEWS.COM, KAB SUKABUMI – Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Mandiri, Desa Ciheulang Tonggoh, Kecamatan Cibadak, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, mengakomodir warga masyarakat untuk melakukan inovasi dengan memperoduksi Sabun pembersih (cuci) piring. Produk ini kemudian diberi merk dengan sebutan MaKlin.

MaKlin saat ini merupakan produk unggulan UMKM warga Ciheulang Tonggoh, yang bernaung dibawah manajemen BUMDes Mandiri Desa Ciheulang Tonggoh. Dalam waktu dekat produk ini sudah siap untuk dipasarkan, paling tidak untuk sementara ini akan dipasarkan di lingkungan Desa Ciheulang Tonggoh.

Wakil BUMDes Mandiri Desa Ciheulang Tonggoh, Jajat Sudrajat menyebutkan, produk MaKlin ini murni merupakan karya inovatisi dari UMKM warga dibawah BUMDes Mandiri. Asal ide dan dukungan keahlian seorang warga setempat yang bernama Pak Hilman.

Baca Juga :   Wabup Sukabumi Terima Tim Monev Kemenkes, Bahas Intervensi Spesifik Penurunan Stunting

“Prodak pembersih ini murni hasil usaha dari UMKM BUMDes Mandiri Desa Ciheulang Tonggoh, hasil gagasan dan keahlian seorang warga kami bernama pak Hilman. Beliau yang mengawali ide ini dan memamahami pembuatan sabun, hingga produk ini terwujud. Saat ini sudah tahap produksi, walau masih terbatas. Baru kami perkenalkan (promosikan) kepada masyarakat dilingkungan desa Ciheulang tonggoh,” ungkap Jajat Sudrajat kepada Fokus Media News, Jum’at (11/01/2024).

Jajat menambahkan, produk pembersih piring ini rencananya akan dipasarkan ke wilayah yang lebih luas, namun sementara ini diutamakan untuk wilayah desa Ciheulang Tonggoh. Diharapkan warga setempat lebih mengenal produk hasil usaha milik desa mereka sendiri.

Baca Juga :   Lestarikan Budaya dan Kearifan Lokal, Lapas Warungkiara Gelar Canangkan Penggunaan Pakaian Adat Sunda

“Kita akan memperkenalkan MaKlin kepada warga sini dulu, setelah itu baru mencari pemasaran keluar desa. Mengingat produksinyapun saat ini masih terbatas. Saat ini kami baru mampu merekrut empat orang tenaga kerja dari warga setempat,” ujarnya.

Jajat menambahkan, BUMDes Mandiri Desa Ciheulang berkeinginan untuk memproduksi MaKlin dalam skala besar, namun masih terkendala permodalan dan jaringan pemasarannya. Dirinya berharap dukungan dari semua pihak.

“Mudah-mudahan keinginan kami bisa segera terwujud dalam mengangkat produk MaKlin ini ke pasaran yang lebih luas, sehingga bisa meningkatkan perekonomian masyarakat desa Ciheulang Tonggoh. Kami butuh dukungan dari semua pihak untuk membantu dari segi permodalan dan pemasaran Maklin,” tambahnya.

Baca Juga :   Rapat Lanjutan Penataan Pasar dan Terminal Palabuhanratu, Simak Hasilnya !
Produk UMKM warga Ciheulang Tonggoh yaitu Sabu cuci piring  dengan merk MaKlin, diproduksi dan dipasarkan oleh BUMDes Mandiri Desa Ciheulang Tonggoh, Kecamatan Cibadak, Kabupaten Sukabumi (Foto : Istimewa)

Sementara, Kepala Desa (Kades) Ciheulang Tonggoh Mulyadi mengatakan dirinya sangat bangga dengan hasil usaha yang telah dicapai oleh BUMDes. Diharapkan mampu memberikan dampak positif bagi sektor perekonomian masyarakat di desanya.

“Walaupun dengan modal patungan, saya sebagai Kades sangat bangga akan hasil usaha yang telah dicapai oleh BUMDes. Saya optimis prodak Maklin dapat diterima oleh masyarakat luas,” kata Kades.

Kades berharap warganya dapat menerima dan mencintai prodak MaKlin, sebagai produk unggulan BUMDes ini, sehingga nantinya dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa dalam menciptakan ketersediaan lapangan pekerjaan baru. (*rls)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *