Breaking News

Ketersediaan Stok Beras Untuk Kabupaten Sukabumi Masih Aman

Tim monitoring menalukan kunjungan ke gudang Bulog di Jalan Raya, Pasirhalang, Kec. Sukaraja, Kabupaten Sukabumi.Rabu 28 Februari 2024. (Foto : Dok Diskominfosan Kab Sukabumi)

FOKUSMEDIANEWS.COM, KAB SUKABUMI –  Ketersediaan stok beras untuk kebutuhan di Kabupaten Sukabumi masih aman. Hal itu dipastikan setelah Tim monitoring Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sukabumi melakukan kunjunga langsung ke Gudang Bulog di Jalan Raya, Pasirhalang, Kecamatan Sukaraja, Kabupaten Sukabumi, Rabu (28/2/2024).

Monitoring stok beras ini dilaksanakan sebagai upaya menyikapi tingginya harga beras di pasaran saat ini. Dimana, tingginya harga beras menjadi permasalahan di masyarakat. Kepastian ketersedian beras juga dianggap penting untuk persiapan Operasi Pangan Murah dibeberapa wilayah di Kabupaten Sukabumi menjelang Bulan Suci Ramadhan.

Baca Juga :   Bincang Bareng Bupati, ASN Diskominfosan Diminta Rubah Mindset dan Manfaatkan Potensi

Tim monitoring Pemkab Sukabumi dipimpin Assda II Bidang Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan (Pemkesra) Dedi Chardiman, dengan anggota tim dari unsur Dinas Ketahanan pangan, Dinas Perdagangan dan Industri (Dagin), Diskominfosan serta Bagian Ekonomi Setda.

Sebagaimana diketahui harga beras melonjak akibat perubahan iklim dan cuaca yang mengakibatkan terjadinya gagal panen hingga membuat produksinya berkurang. Kekurangan suplai ini berdampak pada kenaikan harga.

Gudang Bulog di Jalan Raya, Pasirhalang, Kecamatan Sukaraja, Kabupaten Sukabumi. Kondisi pada Rabu 28 Februari 2024. (Foto : Dok Diskominfosan Kab Sukabumi)

Dari hasil monitoring di bulog itu diketahui bahwa ketersediaan beras untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Kabupaten Sukabumi relatif aman dan stabil. Saat ini stok masih tersedia kurang lebih 600 ton dan akan segera tiba beras hasil petani untuk menambah stok kurang lebih 600 ton. Sementara di bukan Maret di estimasikan akan masuk lagi stok beras 4000 ton.

Baca Juga :   Pertama di Indonesia, Kemenkumham Jabar Gandeng HIPMI Atasi Permasalahan Sampah Plastik di Jawa Barat

Selain itu Pemkab Sukabumi memiliki Potensi Panen, masing-masing bulan Maret diperkirakan seluas 17.100 Ha, bulan April sebanyak 26.977 Ha. Total Maret-April seluas 44.077 Ha. Sementara Potensi produksi sebesar 252.341 ton Gabah Kering Giling dan Potensi produksi beras sebanyak 161.498 ton.

“Jadi aman untuk distribusi memenuhi kebutuhan masyarakat khususnya di Kabupaten Sukabumi,” ungkap Assda II Dedi Chardiman.

Baca Juga :   Wali Kota Bogor Cek Jembatan Cibalok Tajur yang Amblas, Perbaikan Diperkirakan 1 Bulan

Karena itu, tambah Dedi, pasokan beras masih aman, termasuk stok di gudang Bulog cukup untuk memenuhi kebutuhan termasuk kebutuhan di bukan ramadhan.

Dedi juga mengajak mengajak masyarakat tidak perlu panic buying karena khawatir akan ketersediaan beras lantaran stok beras masih aman. (*rls)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *