Breaking News

KARS Lakukan Survey Penilaian Akreditasi Blud RSUD Palabuhanratu

FOKUSMEDIANEWS.COM, KAB. SUKABUMI (27/1/2023)

Komisi Akreditasi Rumah Sakit (KARS) melaksanakan survey penilaian akreditasi pada BLUD Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Palabuhanratu, Jumat (27/1/22).

Akreditasi ini bertujuan untuk meningkatkan mutu pelayanan, keselamatan dan perlindungan pasien, meningkatkan sumber daya manusia rumah sakit, serta mendukung program pemerintah di bidang kesehatan.

Ketua Surveyor KARS dr. Pandith Aribowo mengatakan, akreditasi mutu pelayanan yang dilakukan KARS dilaksanakan setiap tiga tahun sekali, namun tidak terlepas dari survei rutin setiap tahun. Akreditasi ini agar rumah sakit dapat mengikuti standar nasional.

Kata dr. Pandith, RS Palabuhanratu harus menciptakan pembeda diantara rumah sakit lain di Kab. Sukabumi dengan menyesuaikan potensi yang dimiliki, diataranya menginisiasi menjadi rumah sakit wisata tourism hospital dan sebagainya.

Baca Juga :   Peresmian Mesjid Al- Jabbar, Wabup Sukabumi : Membangun Peradaban dan SDM Berakhlak Mulia

“Jadi setiap pasien yang berkunjung kesini bisa mendapatkan banyak hal, karena RS Palabuhanratu sangat berpotensi, selain wilayahnya yang luas juga pengunjung nya banyak,” ungkapnya.

Pandith menjelaskan, ada beberapa hal yang dinilai dalam akreditasi itu, antara lain sasaran keselamatan pasien (SKP), akses ke rumah sakit dan kontinuitas (ARK), hak pasien dan keluarga (HPK), asesmen pasien (AP), pelayanan asuhan pasien ( PAP), pelayanan anestesi dan bedah (PAB) serta pelayanan kefarmasian dan penggunaan obat (PKPO).

Baca Juga :   Waito Wongateleng Resmi Dilantik Jadi Kajari Kota Bogor

“Jajaran manajemen terus melakukan koordinasi demi melakukan keberhasilan pelayanan terhadap masyarakat, paling penting peran komite harus mengoptimalkan dan memberdayakan bawahannya melalui berbagai cara, baik melalui seminar ataupun workshop,” tegasnya.

dr. Pandith berharap, Analisa kajian itu diharapakan bisa memberikan pelayanan yang terbaik bagi derajat kesehatan di Kabupaten Sukabumi.

Dirut RSUD Palabuhanratu, dr. Luhung Budiailmiawan menyatakan, dengan dilaksanakannya akreditasi ini diharapkan akan berdampak terhadap kualitas pelayanan kesehatan yang prima sehingga bisa menjadikan rumah sakit yang berkualitas.

“Akreditasi ini tidak hanya cukup mendapatkan paripurna tetapi kita akan lakukan budaya keselamatan pasien ini untuk dilakukan dengan kebiasaan sehari-hari,” ujarnya.

Baca Juga :   Kampung Bitung Cicareuh Kecamatan Cikidang Jadi Lokus P2WKSS 2024 Kabupaten Sukabumi

Sementara itu Bupati Sukabumi H. Marwan Hamami menyatakan, hasil dari akreditasi yang dilakukan oleh KARS bisa menjadi satu peningkatan layanan terhadap kepuasan derajat kesehatan masyarakat. Apalagi RS Palabuhanratu ini menjadi RS alternatif bagi pasien yang berasal dari Banten.

RS satu-sarunya yang berada di ibukota Kabupaten Sukabumi tersebut menjadi harapan Bupati Marwan, untuk bisa berkontribusi baik dari kebijakan ataupun harapan bagi masyarakat.

“Semoga dengan akreditasi ini terus bisa meningkatkan kekurangan rumah sakit untuk diperbaiki dan yang perlu ditingkatkan agar terus didorong,” harap Bupati.

Sumber : Humas Pemkab Sukabumi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *