Breaking News

Gelar Kuliah Umum, Prodi Pasca Sarjana PWD IPB Datangkan Profesor dari University of California Davis

FOKUSMEDIANEWS.COM, Bogor – Program Studi Ilmu Perencanaan Pembangunan Wilayah dan Pedesaan (PWD) Institut Pertanian Bogor menggelar kuliah umum (Public Lecture) pada hari Kamis (2/2/2023) di Ruang Pareto, Auditorium Fakultas Ekonomi dan Manajemen (FEM) di Kampus IPB Dramaga Bogor.

Kuliah umum yang menghadirkan Profesor Wing Thye Woo dari Universitas California Davis Amerika Serikat, yang juga menjabat Vice President of UN SDSN (Sustainable Development Solution Network) dipandu langsung oleh Prof. Akhmad Fauzi, Ph.D yang saat ini menjabat sebagai Ketua Program Studi Pasca Sarjana PWD IPB.

Hampir 100 orang mahasiswa dan dosen program pasca sarja S2 dan S3 yang berada di bawah Fakultas Ekonomi dan Manajemen antusias menyimak kuliah umum yang mengambil topik “Using the SDG Framework to Rescue Global Cooperation in the Face of De-Globalization”. Dekan FEM IPB Prof. Nunung Nuryartono memberikan Opening Remarks dan menyatakan sangat senang dan berterima kasih kepada Program Studi PWD yang telah menyelenggarakan kuliah umum yang sangat penting ini.

Baca Juga :   Festival Ramadhan ANTV di Sukabumi Resmi Dibuka, Sekda Ade : Pancarkan Kereligiusan Daerah ke Mancanegara

Menurut Profesor Akhmad Fauzi, kehadiran Profesor Woo tidak lepas dari networking yang terjalin dengan sangat baik selama dua tahun terakhir antara beliau dan qaBank Indonesia Kantor Perwakilan Provinsi Kalimantan Selatan, yang juga sebagai Koordinator Kantor BI seluruh provinsi yang ada di Kalimantan. Prof. Akhmad Fauzi beserta tim risetnya selama 2 tahun ini membantu Kantor BI Perwakilan Kalimantan Selatan dalam kajian-kajian yang terkait dengan Pembangunan Berkelanjutan, Green Economy, dan juga Pembuatan Doughnut Economy Index. Kajian-kajian tersebut diperlukan dalam rangka mendukung upaya transformasi ekonomi Kalimantan yang saat ini masih sangat bertumpu pada sumber daya alam, terutama batubara.

Baca Juga :   Dedie Rachim Sidak Pasar Bogor, Respon Temuan Cacing Hati Sapi

Hasil kajian tersebut kemudian disampaikan oleh Prof Fauzi pada Seminar Internasional tahun lalu, dimana saat itu Prof Woo juga menjadi salah satu pembicara. Berawal dari momen itulah kemudian silaturahim akademik dimulai hingga hari ini. Pada saat yang sama, Kantor BI Kalimantan Selatan juga membangun networking dengan UN-SDSN dimana Profesor Woo menjabat sebagai vice president.

Kehadiran ilmuwan internasional dari universitas ternama di luar negeri ke Kampus IPB memberikan nilai yang sangat besar bagi peningkatan kapasitas baik bagi staff pengajar dan mahasiswa pasca sarjana yang hadir pada kuliah umum tersebut.

Baca Juga :   60 UMKM di Kab Sukabumi Naik Kelas Dari Katagori Mikro ke Kecil

Selain itu kehadiran ilmuwan internasional ini memberikan ruang kolaborasi kerja sama internasional khususnya dalam riset berkaitan dengan pembangunan berkelanjutan, perubahan iklim, serta krisis ekonomi dan lingkungan yang dihadapi dunia saat ini. Sebagaimana disampaikan oleh Profesor Woo, kerangka SDGs dan kolaborasi dapat digunakan untuk menyelamatkan kerja sama global di tengah gelombang de-globalisasi saat ini. Dalam kesempatan ini Prof Woo menawarkan para ilmuwan dari IPB untuk berkolaborasi dalam ASEAN GREEN FUTURE Project yang berada di bawah naungan UN-SDSN. Dalam menyambut seruan tersebut Angsoka Paundralingga yang turut hadir dalam acara tersebut sebagai perwakilan Kantor BI Provinsi Kalimantan Selatan juga menawarkan insentif penelitian bagi dosen dan mahasiswa pasca IPB dalam proyek Greenovation yang diinisasi oleh BI Kalsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *