Breaking News

EXROSION Entrepreneurs For The Nation, Bekali Generasi Muda Seputar Kewirausahaan

Foto : Dok Diskominfo Kota Bogor

FOKUSMEDIANEWS.COM, KOTA BOGOR – Pengetahuan tentang kewirausahaan menjadi bekal yang penting dan harus diberikan kepada bagi generasi muda, baik calon sarjana maupun para sarjana sebagai usaha dalam mengurangi angka pengangguran.

Ini disampaikan Wakil Wali Kota Bogor, Dedie A. Rachim saat membuka acara Explore Your Passion (EXROSION) : Entrepreneurs For The Nation yang diselenggarakan SMA Negeri 5 Kota Bogor, Senin (20/11/2023).

EXROSION merupakan cara workshop dan talkshow mengenai ekonomi kreatif menghadirkan narasumber yang berpengalaman di dunia bisnis, berbagi pengalaman dan strategi mengenai pemasaran dan lainnya. Workshop yang diikuti 100 peserta ini dibuka tiga kelas yang dua diantaranya berkain dan game developer.

Baca Juga :   Peningkatan Infrastruktur Jadi Fokus Utama Pembangunan di Kabupaten Sukabumi Tahun 2024
Foto : Dok Diskominfo Kota Bogor

“Apa yang dilaksanakan teman-teman SMA Negeri 5 Kota Bogor hari ini patut kita berikan apresiasi, karena ini menjadi salah satu cara memperkenalkan kewirausahaan dan mudah-mudahan menjadi bagian untuk mengurangi tingkat pengangguran terbuka maupun tertutup di Kota Bogor,” kata Dedie Rachim.

Selain peningkatan UMKM melalui pembinaan, Pemkot Bogor lanjut Dedie Rachim memberikan peluang dan mendorong masyarakat Kota Bogor untuk berusaha, salah satunya melalui maskot Kota Bogor yaitu Si Rubo (Rusa Bogor).

“Dengan maskot Si Rubo diharapkan masyarakat Kota Bogor bisa langsung berusaha dengan membuat merchandise atau aksesoris bertemakan Si Rubo tanpa membuat izin. Ini menjadi peluang untuk anak-anak SMAN 5,” ujar Dedie Rachim didampingi Kepala Dinas Koperasi, UKM Perdagangan dan Perindustrian Kota Bogor, Atep Budiman, Camat  Bogor Barat, Dudi Fitri Susandi bersama Kepala SMAN 5 Kota Bogor, Dede Agus Suherman dan perwakilan KCD Wilayah II Provinsi Jawa Barat.

Baca Juga :   Sekda Kota Bogor Hadiri Hakordia 2023, Jokowi Ingatkan Upaya Berantas dan Cegah Korupsi

Selain itu Dedie Rachim juga menjelaskan setiap tahun jumlah lulusan perguruan tinggi kurang lebih sekitar dua juta orang, sementara  angka pencari kerja di Indonesia setiap tahun jumlahnya antara 15 sampai 20 juta.

Dari angka tersebut lulusan perguruan tinggi yang masuk dan diterima menjadi pegawai negeri sebagai guru, dokter atau lainnya kurang lebih sekitar 30 ribuan.

Baca Juga :   Pemkot Bogor Sampaikan WP A (Samida) dan WP D (Purwa) di Rakornas Lintas Sektor
Foto : Dok Diskominfo Kota Bogor

Kegiatan EXROSION 2023 merupakan gelaran tahun kedua, diisi dengan workshop dan seminar yang menghadirkan beberapa narasumber,  diantaranya Ketua REKA Bogor sekaligus pemilik batik Handayani Geulis, BRI dan Erigo.

“Kegiatan dirancang untuk memberikan kombinasi antara pengalaman dan praktek secara langsung. Semoga acara ini mempelopori kegiatan yang menjadi wadah para siswa dalam mengembangkan minat dan bakat dalam bidang kewirausahaan,” kata Ketua EXROSION 2023 SMAN 5 Kota Bogor, Alanda Rafi Farizi. (*Rls)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *