Breaking News

Dirjen Planologi Kementerian LHK dan Wawalkot Bogor Pimpin Penanaman Pohon di Di Alun-alun

Penanaman pohon di alun-alun Kota Bogor (Foto : Dok Diskominfo Kota Bogor)

FOKUSMEDIANEWS.COM, KOTA BOGOR – Memasuki cuaca ekstrem akhir – akhir ini, Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, menyerukan kepada masyrakat untuk bersama-sama menanam pohon di wilayahnya masing. Seruan itu disampaikan secara virtual, Rabu (29/11/2023) pagi.

Menyikapi seruan itu, di Alun – Alun Kota Bogor, penanaman dipimpin langsung Wakil Wali Kota Bogor, Dedie A. Rachim, disertai Dirjen Planologi KehutAlun-alunanan dan Tata Lingkungan Kementerian LHK, Hanif Faisol dan unsur Muspida serta kepala OPD.

“Bogor ini kadang – kadang kami menghadapi situasi yang unik, terutama iklim. Kadang – kadang landai, tapi tiba – tiba curah hujan diatas 130 milimeter per hari. Jadi penting kita antisipasi dengan kegiatan ini,” kata Dedie Rachim.

Baca Juga :   Perkemahan Bakti Kalpataru, Kota Bogor Kirim 30 Anggota Pramuka
Foto : Dok Diskominfo Kota Bogor

Selain itu, penanaman pohon ini juga sebagai penyeimbang dari perubahan polutan (bahan atau zat yang bisa menyebabkan pencemaran lingkungan-red) di Kota Bogor. Bahwasanya, akibat perkembangan zaman yang cukup meningkat, tingkat kondisi udara semakin tak baik.

“Selama kita belum bisa mengkonversikan batu bara, satu – satunya cara kita adalah menanam pohon. Ini menandakan kita harus terus meningkatkan kepedulian supaya alam dan lingkungan kita tetap lestari, lebih nyaman untuk generasi muda kita ke depan,” urainya menambahkan.

Baca Juga :   Pemkot Bogor Kerahkan Segala Upaya Cegah dan Turunkan Stunting
Foto : Dok Diskominfo Kota Bogor

Dedie Rachim mengajak Kementerian LHK untuk tidak putus menanam pohon di Kota Bogor. Ia mengakui bahwa di Kota Bogor masih banyak wilayah pemukiman yang berdekatan dengan tebingan – tebingan tinggi.

“Jadi paling tidak ada beberapa bagian yang kosong dan kemudian bisa dibantu KLHK untuk pohonnya. Kita Pemerintah Kota Bogor siap untuk melaksanakan penanaman pohon lebih masif lagi,” katanya.

Baca Juga :   Pengurus Geopark Youth Forum CPUGGp Dilantik, Wabup Berpesan Pengelolaan Inklusif dan Berkelanjutan
Foto : Dok Diskominfo Kota Bogor

Di tempat yang sama, Dirjen Planologi Kehutanan dan Tata Lingkungan Kementerian LHK, Hanif Faisol mengatakan bahwa kementerian akan siap untuk memfasilitasi segala upaya Kota Bogor tentang upaya pencegahan bencana dan pengendalian iklim.

“Kita harus teruskan ini. Kita tempatkan Kota Bogor sebagai kontributor untuk penanganan climate (iklim) ini dan global warming juga dampaknya sudah kita rasakan bersama. Penanaman pohon ini juga merupakan komitmen kita terhadap dunia internasional,” kata Hanif. (*Rls)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *