Breaking News

Desa Wisata Hanjeli Masuk 50 Besar ADWI 2022, Menparekraf : Solusi Hadapi Krisis Pangan

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno, menandatangani Prasasti Desa Wisata Hanjeli di Kecamatan Waluran. Sabtu (24/9/22). / Foto : Humas Kab. Sukabumi.

FOKUSMEDIANEWS.COM, KAB. SUKABUMI – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mengunjungi Desa Wisata Hanjeli di Kecamatan Waluran Kabupaten Sukabumi, Sabtu (24/9/22).

Kunjungan Menparekraf yang didampingin Wakil Bupati Sukabumi H. Iyos Somantri tersebut dalam rangka peninjauan dan penilaian 50 besar Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) Tahun 2022.

Menparekraf menjelaskan, Desa Wisata Hanjeli Kecamatan Waluran adalah desa wisata ke 40 yang dikunjungi dari 50 desa terbaik di Indonesia. Menurutnya hanjeli merupakan restorasi pangan lokal yang memiliki nutrisi cukup tinggi.

“Hanjeli ini sangat tepat sasaran, manfaat dan tepat waktu dalam menjawab solusi dalam menghadapi krisis pangan dan peluang usaha di Kabupaten Sukabumi” terang Sandiaga Uno.

Baca Juga :   Amankan Arus Mudik, Satuan Samapta Polres Sukabumi Bersiaga Dijalur Utara

Sambungnya, wisata hanjeli ini bagian dari kearifan lokal sehingga harus terus dikembangkan, karena menjadi daya ungkit pertumbuhan Ciletuh Palabuhanratu Unesco Global Geopark (CPUGG), juga akan menjadi peluang usaha dan lapangan pekerjaan di Kabupaten Sukabumi.

“Saya lihat tadi dilapangan kerjanya bukan hanya ibu-ibu, namun juga terlibat anak-anak muda, ada juga tarian yang ditampilkan” Jelasnya

Sesuai dengan amanat Presiden kepada Kemenparekraf kata Sandiaga, untuk membina desa-desa wisata di Indonesia. Hal itu bertujuan guna mempercepat pemulihan ekonomi paska pandemi covid.

Baca Juga :   Wabup Sukabumi Pimpin Rapat Persiapan Revalidasi CPUGGp, Dorong Inovasi Untuk Menarik Wisatawan

” Kita akan dukung promosi,dan pendampingan dan mudah-mudahan ini menjadi awal kebangkitan kita untuk menciptakan banyak peluang bagi masyarakat desa di Indonesia ” urainya

Sementara itu Wakil Bupati Sukabumi H. Iyos Somantri menyampaikan apresiasi setingg-tingginya kepada seluruh unsur yang telah mendorong terwujudnya Desa Wisata Hanjeli di Kabupaten Sukabumi. Sehingga dirinya berharap desa hanjeli tersebut bisa masuk nominasi lebih baik lagi.

” Karena kita telah memasuki 50 besar Desa Wisata Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) Tahun 2022, mudah-mudahan bisa di nilai yang lebih tinggi, karena desa hanjeli bagian solusi pangan di Indonesia” Singkatnya

Baca Juga :   Rakor Persiapan Operasi Ketupat Modaya 2024, Wabup Minta Semua Bersinergi Ciptkan Kondisi Lalin Aman dan Nyaman

Dalam kesempatan yang sama Founder Desa Wisata Hanjeli Abah Asep menambahkan, tanaman hanjeli tersebut dapat diolah menjadi sebuah produk, diantaranya sebagai pengganti nasi, tepung, makanan ringan, sabun dan lotion.

” Ada beberapa wisatawan yang telah datang kesini, misalnya wisatawan asal Papua, Timur, Cina, Jepang dan Brazil ”  ungkapnya.

Diakhir kegiatan dilakukan peninjauan serta penandatanganan prasasti Desa Wisata Hanjeli oleh Menteri Sandiaga Salahudin Uno.

Editor : Anom Nuzain

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *