Breaking News

Dedie Rachim Mural Competition, Merawat Kreativitas dan Menggali Potensi Wisata

Dedie Rachim Mural Competition 2023 di di Jalan Sukajaya III, RW 06 Kelurahan Tajur, Kecamatan Bogor Timur (Foto : Dok Diskominfo Kota Bogor)

FOKUSMEDIANEWS.COM, KOTA BOGOR – Sebagai upaya membangun perekonomian warga dengan mengembangkan potensi wilayah untuk menjadi tujuan kunjungan wisata, Kelompok penggerak pariwisata (Kompepar) Tajur yang dominasi oleh para anak-anak muda mengadakan kegiatan kompetisi mural.

Kompetisi mural yang diberi titel “Dedie A. Rachim Competition 2023” digelar di Jalan Sukajaya III, RW 06 Kelurahan Tajur, Kecamatan Bogor Timur, Rabu (8/10/2023). Kegiatan ini merupakan agenda masyarakat yang didorong dan didukung oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor melalui wilayah dan dinas serta pihak swasta untuk membangun potensi wisata meningkatkan perekonomian warga.

Ketua Panitia Muhamad Iqbal Nurmaulana mengatakan, agenda masyarakat ini dan para pemuda disalurkan oleh Pemkot Bogor bersama wilayah kelurahan yang didukung oleh  Wakil Wali Kota Bogor, Dedie A Rachim serta berbagai para sponsor.

Baca Juga :   26 Atlet Anggar Kota Bogor Siap Bertanding di Jabar Open Championship
(Foto : Dok Diskominfo Kota Bogor)

“Kompetisi mural ini untuk mengembangkan daya tarik pariwisata,” ujarnya, disela-sela kegiatan pembukaan.

Kegiatan yang dilaksanakan selama dua hari ini diikuti oleh 11 seniman mural yang akan menggambar di dinding tembok sepanjang 130 meter.

Tak hanya kompetisi mural, warga juga dilibatkan turut serta dalam memasarkan produk-produk UMKM melalui bazar yang disediakan oleh panitia.

Selain itu juga akan dilakukan bedah UMKM yang akan merenovasi warung atau toko kelontong warga sekitar yang sudah usang sehingga memiliki konsep kekinian dan menjadi daya tarik wisata.

Baca Juga :   Pemkot Sukabumi Raih WTP Delapan Kali Berturut-turut, Diganjar Penghargaan Oleh Kemenkeu

“Selanjutnya juga akan dibuat urban farming dengan vertical garden dan untuk jajanannya juga ada UMKM dan akan dibentuk coffee shop. Jadi pelan-pelan kita susun, kita rapikan dimulai dari kompetisi mural ini. Jadi tidak hanya merawat kreativitas, tapi juga bisa menguntungkan bagi warga untuk peningkatan ekonomi,” ujarnya.

Bersamaan dengan momentum peringatan Hari Pahlawan, tema dalam Dedie Rachim Mural Competition ini adalah Kepahlawanan.

(Foto : Dok Diskominfo Kota Bogor)

Wakil Wali Kota Bogor, Dedie A. Rachim mengatakan, pemikiran bagaimana memanfaatkan tembok yang panjang ini sudah lama atau sekitar satu tahun untuk dimanfaatkan sebagai mural atau grafiti.

Baca Juga :   Momen Haru Bima Arya dan Ridwan Kamil di Bogor Street Festival CGM 2023

Ia pun berharap dengan adanya kegiatan ini bisa mendukung kreativitas masyarakat untuk pengembangan wilayah.

“Ini bisa menginspirasi wilayah lain yang memiliki tembok panjang untuk juga bisa disalurkan sebagai tempat mencurahkan ide gagasan dan kreativitas,” katanya.

Dengan tema kepahlawanan ini kata Dedie, ke depan lokasi ini selain jadi kunjungan wisata juga bisa menjadi sarana edukasi bagi pelajar sekolah dasar.

“Semoga karyanya bermanfaat sehingga bisa jadi kunjungan siswa, para pelajar jadi bisa lebih mengenal para pahlawan-pahlawan dengan cara yang lebih santai,” katanya. (*Rls)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *