Breaking News

Aksi Nyata Peduli Lingkungan Hidup, Ribuan Masyarakat Bersihkan Pantai Talanca Loji

Ribuan masyarakat bersama pejabat Pemda Kabupaten Sukabumi membersihkan pantai Talanca Loji, Desa Loji, Kecamatan Simpenan. Sabtu (10/6/23). (Foto : Istimewa)

FOKUSMEDIANEWS.COM, SUKABUMI – Pemerintah Kabupaten Sukabumi beserta ribuan masyarakat melakukan aksi bersih pantai, di kawasan Pantai Talanca loji, Desa Loji, Kecamatan Simpenan, Sabtu (10/6/23). Aksi bersih pantai ini dalam rangka peringatan hari lingkungan hidup se-dunia dengan tema Solusi Untuk Polusi Plastik (Solutions To Plastic Pollution).

Wakil Bupati Sukabumi H. Iyos Somantri menyatakan bahwa aksi bersih sampah merupakan langkah nyata yang sangat baik. Apalagi, dalam aksi tersebut melibatkan berbagai unsur pemerintah, perusahaan hingga masyarakat.

Baca Juga :   Bogor Innovation Award 2023 Semarak, Peserta Naik Dua Kali Lipat

“Pelaksanaan kegiatan ini cukup banyak melibatkan 1.300 orang dari semua unsur dan masyarakat,” ungkap Iyos.

Menurut Wabup, pantai Talanca Loji dijadikan lokus aksi ini sangat tepat, lantaran kawasan tersebut merupakan salahsatu pantai muaranya sungai Cimandiri, sehingga banyak terjadi penumpukan sampah.

“Setelah kita lakukan bersih-bersih di kawasan pantai ini akan kembali menjadi asri meskipun hari ini terkendala dengan sampah kiriman,” tegasnya.

Baca Juga :   Sekda Kota Bogor Tinjau Penanganan Bencana Longsor dan Kebakaran

Wabup berharap, dengan adanya aksi masal yang dilakukan ini bisa mengembalikan wajah keaslian pantai Talanca dan menjadi sudut pandang masyarakat akan pentingnya menjaga kebersihan lingkungan.

“Kita kedepan akan terus melakukan kegiatan ini untuk bersama-sama menjaga keutuhan lingkungan yang asri,” ujarnya.

Kapolres Sukabumi AKBP Maruly Pardede bersama personil gabungan turut aksi pembersihan Sampah di kawasan pantai Talanca Sukabumi, dalam Rangka Hari Lingkungan Hidup Sedunia. (Foto : Istimewa)

Sementara itu General Manager PLTU Palabuhanratu, Rizky Priatna menambahkan, aksi bersih pantai merupakan suatu langkah bertahap agar masyarakat bisa bersinergi bersama pemerintah dan perusahaan dalam menjaga lingkungan.

Baca Juga :   Operasi Pasar Murah Beras di Palabuhanratu, Bupati Sukabumi : Tekan Inflasi dan Harga Terjangkau

“Sampah-sampah kayu yang kita bersihkan ini akan diolah dijadikan material biomas. Semoga sinergi ini terus terjalin demi menjaga lingkungan yang bersih dan asri,” ucapnya singkat.

Dalam kesempatan tersebut dilakukan penananaman pohon secara simbolis oleh Wakil Bupati Sukabumi, Dinas Lingkungan Hidup, PLTU Palabuhanratu dan lainnya. (R**).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *