Breaking News

Wabup Sukabumi : Panwaslu Kecamatan Pegang Peran Penting Dalam Pelaksanaan Demokrasi

FOKUSMEDIANEWS.COM, KAB. SUKABUMI – Wakil Bupati Sukabumi H. Iyos Somantri mengatakan Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kecamatan memegang peranan yang penting dalam pelaksanaan pesta demokrasi, pemilu serentak tahun 2024.

Hal itu disampaikannya saat memberikan sambutan pada Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Janji 141 anggota Panwaslu Kecamatan se-Kab Sukabumi, oleh ketua Bawaslu Kabupaten Sukabumi, di Hotel Pangrango, Sabtu (29/10/2022).

Menurut Wakil Bupati, peran penting itu merupakan amanah yang harus dilaksanakan dengan baik, sehingga Pemilu berjalan aman, lancar, jujur dan berkualitas. Serta dalam melaksanakan tugasnya, Paswaslu Kecamatan selalu bersinergi dan berkolaborasi.

Baca Juga :   Bupati Sukabumi Apresiasi BI Mendorong Pengembangan Ekonomi, Literasi, Industri Dan Akses Keuangan

”Kita sadari bahwa kesuksesan Pemilu itu berhubungan erat dengan tugas dan fungsi Panwaslu Kecamatan, sesuai dengan Fakta Integritas yang telah dibacakan oleh Panwaslu Kecamatan tadi. Oleh karenanya, diharapkan mampu menjalankan tugasnya sesuai dengan aturan, etika dan norma yang berlaku di Negara Republik Indonesia” ungkapnya.

Dengan demikian, lanjut Wabup, keberadaan Panwaslu ini sangat penting dan sangat berarti karena dapat menentukan sukses tidaknya penerapan sistem demokrasi di negara ini.

Baca Juga :   Tertutup Longsoran Tebing setingg 15 Meter, Jalan di Desa Margaluyu Purabaya Tidak Bisa Dilewati Kendaraan

” Kehadiran para Panwaslu yang baru dilantik ini diharapkan dapat membantu terjaganya pemilu yang aman, nyaman, dan terkendali tanpa menimbulkan ekses negatif melalui optimalisasi perannya” tambahnya.

Wabup juga mengatakan Panwaslu sebagai elemen dari Bawaslu memiliki kapasitas sebagai penyelesai sengketa pemilu.

Sementara Ketua Bawaslu Kabaupaten Sukabumi Teguh Haryanto dalam sambutannya menyebutkan, pelantikan ini merupakan bagian dari tahapan rekrutmen anggota Panwaslu Kecamatan sesuai dengan yang diatur Bawaslu RI.

Baca Juga :   Kapolres Sukabumi Meminta Bhabinkamtibmas Bermanfaat Bagi Masyarakat

”Tugas yang akan diemban Panwaslu Kecamatan cukup berat dan harus dilaksanakan dengan penuh tanggung jawab serta harus bisa menjaga marwah dan kehormatan sebagai panwaslu” terangnya. (ANz)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *