Breaking News

Sekda Sukabumi Sebut SPIP Wujudkan Pemerintahan Yang Baik Dan Profesional

Sekda Kabupaten Sukabumi memberikan sambutan pada pembukaan Diklat Asesor dan Penjaminan Kualitas Pelaksanaan SPIP Terintegrasi dilingkup Pemkab Sukabumi, di Hotel Augusta, Senin 13 Maret 2023. (Foto : Diskominfosan Kabupaten Sukabumi)

FOKUSMEDIANEWS.COM, SUKABUMI – Sekretaris Daerah Kabupaten Sukabumi Ade Suryaman membuka Diklat Asesor dan Penjaminan Kualitas Atas Pelaksanaan Sistem Pengendalian Intern pemerintah (SPIP) Terintegrasi dilingkup Pemkab Sukabumi, di Hotel Augusta, Senin 13 Maret 2023.

Dalam laporannya, Inspektur Kabupaten Sukabumi H. Komarudin menyampaikan bahwa diklat bertujuan untuk penguatan pengetahuan memadai bagi tercapainya penyelenggaraan SPIP yang baik dan profesional.

Baca Juga :   Sekda Kota Bogor Kembali Ajak Pelaku Usaha Kolaborasi Turunkan Angka Stunting

“SPIP terdiri atas unsur lingkungan pengendalian, penilaian risiko, informasi dan komunikasi, serta pemantauan pengendalian intern,” jelasnya.

Sementara itu, Sekda menyebutkan bahwa penyelenggaraan SPIP merupakan amanah dari PP no 60/2008 tentang Sistem Pengendalian Intern Pemerintah ( SPIP ) yang mewajibkan setiap Instansi Pemerintah, baik pemerintah Pusat maupun Pemerintah Daerah untuk melakukan pengendalian atas kegiatan penyelenggaraan kegiatan Pemerintah yang efektif dan efisien.

Baca Juga :   PKS Kemitraan Konservasi TNGHS dengan 15 KTH, Wabup Sukabumi : Pemulihan Ekosistem

“Sehingga pengendian internal harus menjadi budaya untuk mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik dan bersih,” ungkapnya.

Karena itu, lanjut Sekda, Pemerintah Kabupaten Sukabumi menyambut baik adanya kegiatan pendidikan dan bimbingan teknis ini dengan harapan mampu meningkatkan pemahaman para asesor dan penjamin kualitas agar mampu memetakan atau menilai tingkat kematangan penyelenggaraan SPIP di unit kerjanya masing masing maupun di Pemerintah Kabupaten Sukabumi.

Baca Juga :   Lantik 67 PNS, Bupati Sukabumi : Jadilah Pemimpin Handal dan Profesional dalam Menerapkan Prinsip Pemerintahan

“Pemerintah Kabupaten Sukabumi berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas penyelenggaraan Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) melalui perencanaan dan proses pelaksanaanya yang berkualitas,” tutup Sekda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *