Breaking News

Ratusan Pesilat di Kabupaten Sukabumi Ikuti Festival Pencak Silat Piala Bupati

Bupati Sukabumi H Marwan Hamami membuka Festival Pencak Silat Piala Bupati , di GOR Palabuhanratu, Senin (23/10/2023). ( Foto : FB Pemkab Sukabumi)

FOKUSMEDIANEWS.COM, KAB SUKABUMI – Bupati Sukabumi H Marwan Hamami membuka menghadiri sekaligus membuka Festival Pencak Silat Piala Bupati Road to Festival Pencak Silat Jawa Barat Tahun 2023, di GOR Palabuhanratu, Senin (23/10/2023). Kegiatan yang akan berlangsung hingga 25 Oktober 2023 itu diikuti ratusan atlet pencak silat dari berbagai perguruan silat se-Kabupaten Sukabumi.

Bupati Sukabumi meminta kepada ratusan atlet yang mengikuti festival pencak silat piala Bupati Sukabumi agar mengikuti dengan serius, supaya bisa memelihara warisan budaya serta mengharumkan Kabupaten Sukabumi kejenjang yang lebih tinggi.

Baca Juga :   Liburan Akhir Tahun, Pj Gubernur Jabar Cek Rest KM 57 Tol Cipularang dan Gadog Puncak

“Apalagi Pencak Silat saat ini sudah diakui oleh Unesco sebagai warisan budaya di Indonesia. Oleh karena itu, lakukan dengan sungguh-sungguh dalam mengikuti festival ini,” terangnya.

Menurut Marwan Hamami, selain ajang mengembangkan warisan, festival pencak silat juga dinilai dapat menguatkan kembali identitas jati diri bangsa. Maka dari itu, Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Kabupaten Sukabumi untuk menjaga keutuhan warisan seni tersebut.

“Mari bersama-sama kita jaga warisan budaya ini, sehingga silat menjadi suatu ikon di Kabupaten Sukabumi,” imbuhnya.

Baca Juga :   Wali Kota Bogor Serahkan Kadeudeuh Atlet dan Pelatih Berprestasi di Porprov dan SEA Games 2022

Tak lupa Bupati pun mengingatkan kepada para atlet, agar seni silat terus diiringi dengan beribadah, sebagaimana tagline yang terkandung dalam silat, yaitu Shalat, Shalawat, dan Silat.

“Semoga dengan seleksi silat ini bisa menjawab tantangan bangsa kedepan,” ujar Bupati.

( Foto : FB Pemkab Sukabumi)

Kepala Bidang Olahraga, Disbudpora Kabupaten Sukabumi, Arif budianto menambahkan, Festival Pencak Silat Piala Bupati diikut sekitar 150 atlet dari berbagai perguruan silat di Kabupaten Sukabumi, baik Paguron, dan lembaga pendidikan tingkat SD sampai SLTA.

Baca Juga :   Muhibbah di Mesjid Al-Barokah Cikidang, Bupati Marwan Ulas Silaturahmi Dukung Percepatan Pembangunan Daerah

Terdapat tiga kategori pada festival tersebut, antara lain kategori tunggal anak perorangan putra putri usia 6 sampai 12 tahun, kategori berpasangan putra-putri usia 13 sampai 17 tahun dan kategori rampak anak-anak dan sesepuh.

Pemenang seleksi pada festival Pencak Silat Piala Bupati tersebut, selanjutnya akan bertanding pada Festival Pencak Silat Jawa Barat Tahun 2023, yang akan di gelar di Kota Cirebon pada tanggal 30 Oktober sampai 3 November 2023. (*Rls)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *