Breaking News

Pengembangan UMKM, Dinas KUK Jabar Jalin Sinergitas Dengan Pemkot dan Pemkab

Sumber : Diskominfo Kota Sukabumi

FOKUSMEDIANEWS.COM, KOTA SUKABUMI – Dinas Koperasi dan Usaha Kecil (Diskuk) Provinsi Jawa Barat menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) Usaha Mikro, Kecil dan Menengah di Hotel Anugrah, Selasa (5/3) 2024).

Rakor yang dibuka resmi oleh Penjabat (Pj) Wali Kota Sukabumi, Kusamana Hatadji itu diikuti oleh Dinas yang membidangi UMKM dari seluruh kota dan Kabupaten di Jawa Barat.

Dalam sambutannya, Penjabat Wali Kota Sukabumi mengajak seluruh pihak untuk meningkatkan daya saing UMKM karena para pelaku UMKM menghadapi tantangan cukup berat dalam pengembangan usaha mereka.

Baca Juga :   Pemkot Sukabumi Gelar Pertemuan Evaluasi Kinerja Triwulan II Tahun 2024 dan Persiapan Pansus RPJPD 2025-2045

Kusmana berharap, rakor ini menjadi kesempatan bagi seluruh pihak untuk berbagi pengalaman dan pengetahuan serta menjalin kolaborasi dalam pelaksanaan berbagai program yang berkaitan dengan upaya memajukan UMKM.

“Kuncinya adalah sinergitas dan kolaborasi dalam mengembangkan UMKM dengan tantangan yang cukup berat dimasa saat ini bagaimana teknologi, sarana prasarana, dan pasarnya harus didukung. Outputnya terkait dengan pelaksanaan program yakni terbangunnya sinergitas antara Pemerintah Pusat hingga daerah,” ujarnya.

Baca Juga :   Dukung UMKM, Dekranasda Kab Sukabumi Kembali Gelar Bazar Ramadhan, Catat Waktunya!

Senada dengan hal tersebut Kepala Bidang Usaha Mikro Diskuk Provinsi Jawa Barat, Ucup Yusuf, ketika diwawancarai mengungkapkan bahwa rakor ini bertujuan untuk menyelaraskan program pengembangan UMKM yang dimiliki pemerintah provinsi dengan program yang disusun oleh pemerintah kabupaten dan kota.

“Kolaborasi program antara Pemerintah Provinsi dan Kabupaten serta Kota harus sinergis, dengan tujuan agar UMKM bisa naik kelas.” Jelasnya

Ia menambahkan bahwa pasca pelaksanaan program UMKM Juara beberapa waktu lalu, kini pihak Diskuk melanjutkannya dengan program UMKM naik kelas yang diharapkan bisa mendorong perkembangan 4,6 juta UMKM di Jawa Barat.

Baca Juga :   Satgas Pangan Kota Sukabumi Pantau Harga Bapokting Jelang Idul Fitri 1445 H

“Menurut data UMKM di Jawa Barat hampir 4,6 juta dan dari jumlah itu paling banyak usaha mikro yang berdomisili di kabupaten dan kota. Program andalan kita sekarang yaitu UMKM naik kelas. Karena kemajuan UMKM berdampak pada perekonomian dan PDRB,” pungkasnya. (*rls)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *