Breaking News

Mancing Badong, Potensi Baru Pengembangan Wisata Sukabumi

Bupati Sukabumi H. Marwan Hamami menghadiri lomba mancing ini dalam rangka memperingati Hari Jadi Kabupaten Sukabumi ke 153 di Pantai Batubintang Palabuhanratu (Foto : FB Pemkab Sukabumi)

FOKUSMEDIANEWS.COM, KAB SUKABUMI – Hari Jadi Kabupaten Sukabumi (HJKS) ke-153 diperingati bukan sekedar untuk kemeriahan, namun aneka kegiatan yang digelar diharapkan mampu menumbuhkan ekonomi masyarakat dari segala bidang dengan konsep yang menarik dan diminati masyarakat. Salah satu kegiatan tersebut berupa lomba memancing yang sudah familier di masyarakat.

Lomba mancing di badong (perahu pagang) Bupati Cup 2023 di gelar hari Sabtu ((16/09/2023) di Pantai Batubintang Palabuhanratu Kabupaten Sukabumi. Sebanyak 350 peserta antusias mengikuti lomba mancing tersebut, bahkan pesertanya dari dari luar Sukabumi, seperti dari Jabodetabek, Bandung dan Cianjur.

Baca Juga :   Tak Mengeluh Walau Jadi Pemulung, Guru Alvi Tetap Semangat Mengajar

Bupati Sukabumi H Marwan Hamami, menyatakan, lomba mancing di Badong Bupati Cup 2023 sebagai sarana menggali potensi wisata baru dan memajukan ekonomi masyarakat.

“Sepanjang 117 kilometer kawasan pantai terdiri dari 8 Kecamatan se-Kabupaten Sukabumi diyakini bisa menjadi penguat penambah ekonomi masyarakat di wilayah pesisir, tak lain adalah melalui lomba mancing ini,” jelas Bupati.

Baca Juga :   Tim Was Ops Itwasda Polda Jabar Lakukan Giat Pendalam Was Ops Lilin Lodaya di Mako Polres Subang

H Marwan menyebut, kegiatan ini dinilai dapat memdorong masyarakat untuk membuka peluang usaha baru. Dimana, selain berfungsi untuk menangkap ikan, pagang juga dapat dijadikan sarana edukasi wisata.

“Ini adalah salah satu peluang bagi masyarakat pesisir, terutama bagi pemilik pagang dalam peningkatan nilai ekonomi. Seakan pagang ini kepada wisatawan sehingga bisa menambah nilai ekonomi bagi masyarakat,” imbuhnya.

Baca Juga :   HBN ke-75 Tingkat Kabupaten Sukabumi, Bupati Mengajak Proaktif dan Pahami Kondisi Global

H Marwan juga berharap potensi ini terus dikembangkan sampai menjadi ikon Kabupaten Sukabumi. Bila hal ini diwujudkan diyakini akan mendatangkan wisatawan baik domestik maupun mancanegara.

“Terus dorong potensi ini supaya pertumbuhan masyarakat di kawasan pesisir semakin berdaya,” pintanya.

Bupati mengajak kepada para peserta lomba memancing untuk menjaga dan melestarikan laut,  sebagai pendukung kehidupan masyarakat pesisir di wilayah Kabupaten Sukabumi.

Sumber : FB Pemkab Sukabumi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *